Friday, July 2, 2010

Update Daily Investment News

Mengawali perdagangan semester II 2010, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) , Jumat (2/7) turun tipis 2,70 poin (0,09%) ke level 2.871,55. Profit taking sempat tertahan saham agrikultur dan pertambangan. Di menit-menit terakhir, kejatuhan indeks lebih dalam tertahan sektor agrikultur yang menguat 4,48 poin ke level 1.606,7 dan pertambangan yang terangkat 5,60 poin ke level 2.225,75. Sayang, nilai transaksi semakin tipis hanya Rp2,113 triliun dengan volume perdagangan 2,677 miliar lembar saham. Sebanyak 115 saham menguat, 67 melemah, dan 78 saham stagnan. Investor asing mencatat penjualan sebesar Rp934,934 miliar, namun aksi beli asing hanya Rp736,804 miliar. Sehingga foriegn net sell tercatat sebesar Rp198,130 miliar.

Pemerintah Setujui 'Rights Issue' Mandiri dan BNI
Pemerintah menyetujui secara teknis rencana privatisasi, pelepasan saham tambahan melalui rights issue untuk PT Bank Mandiri Tbk dan BNI Tbk.

Kendati Fitch Rating telah menaikkan peringkat nasional lima perbankan asing di Indonesia, namun harga sahamnya yang tercatat di BEI hanya naik sesaat. Bagaimana dampaknya? Fitch Rating sudah menaikkan lima perbankan asing yang ada di Indonesia pada 30 Juni 2010. Kelima bank tersebut antara lain, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank UOB Buana Tbk dan PT Bank ANZ Panin, PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII).

Saham Asia 'Mixed' Dipicu Buruknya Data Ekonomi AS
Indeks perdagangan Asia Jumat (2/7) mixed, dengan beberapa pasar berbalik arah mengikuti sesi perdagangan yang menurun secara berturut-turut.

Permintaan Ban Tak Pernah Surut
Saham Gajah Tunggal Mantap Berpacu
Permintaan kendaraan yang terus menanjak ikut berimbas pada makin prospektifnya industri ban seperti PT Gajah Tunggal. Saham GJTL pun mendapat rekomendasi positif.

IHSG Jumat Pagi Naik 7,31 Poin ke 2.881,56
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat (2/7) menguat 7,31 poin atau naik 0,25% ke 2.881,56.

Panin Sekuritas Akan Bagi Total Dividen Rp36M
Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Panin Sekuritas Tbk (PANS) memutuskan bagi dividen sebesar Rp50 per lembar saham.

TP Rp13.500, 'Buy' Saham LSIP
UBS Securities merekomendasikan buy saham PT London Sumatera Tbk (LSIP) dengan target harga Rp13.500.

Benakat Tuntaskan Akuisisi ELSA
PT Benakat Petroleum Energy Tbk (BIPI) akan merampungkan akuisisi sisa saham PT Elnusa Tbk (ELSA) milik PT Tri Daya Esta sebanyak 12,55% pada pekan ini. Dengan akuisisi tersebut, Benakat resmi menguasai 37,5% saham Elnusa.

PT Panin Sekuritas Tbk akan membagikan dividen tunai sebesar Rp 50 per saham pada 10 Agustus 2010. Dividen tersebut setara dengan 24,10% dari laba bersih di tahun buku 2009 yang sebesar Rp 149,336 miliar.

Holcim International melaui Holcim Foundation yang berbasis di Swiss, menggelar kompetisi bagi karya-karya di bidang konstruksi yang berkelanjutan (sustainable construction) berhadiah US$ 2 juta.

PT Keramika Indonesia Assosiasi Tbk (KIAS) optimistis mampu bersaing dengan competitor asing yang banyak masuk seiring dimulainya era perdagangan bebas ASEAN (Asean Free Trade Area) tahun ini. Perusahaan yang tercatat sebagai tertua di Indonesia ini, akan mempertahankan kualitas baik serta pertumbuhan produksi berkesinambungan sebagai strategi mempertahankan pasar.

Bapepam-LK mengumumkan telah memperpanjang masa penyerahan Laporan Keuangan Tahunan (LKT) 2009 sampai dengan 9 Juli 2010.

Kabar Korporasi: ADRO & BHP sinergi garap Maruwai
Berikut adalah ringkasan berita-berita utama yang terkait dengan bursa saham dan investasi dari berbagai sumber koran nasional di antaranya Volume penggunaan jalan tol tahun ini dipertahankan meningkat.

NISP: IFC Lepas Saham di OCBC NISP
OCBC Bank Singapura, meningkatkan kepemilikan sahamnya di PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) sebesar 7,17% yang sebelumnya dimiliki IFC. Usai peningkatan ini, saham OCBC Bank Singapura menjadi 81,9%.

BBRI: Kredit BRI Tumbuh Signifikan
Meski kredit secara nasional tumbuh kurang memuaskan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) tetap mencatat pertumbuhan kredit berarti. Per Maret 2010, kredit BRI yang disalurkan mencapai Rp 208,906 triliun, atau naik 26,47% dari posisi Maret 2009.

BEKS: Keluar dari Pengawasan Intensif BI
Bank Indonesia (BI) menegaskan PT Bank Eksekutif Tbk (Eksekutif) telah memenuhi komitmennya untuk menekan rasio kredit bermasalahnya (NPL). Bank Eksekutif kini telah keluar dari pengawasan intensif bank sentral.

BMRI: Rights issue Bank Mandiri tinggal selangkah lagi
Persetujuan pelaksanaan penawaran umum terbatas (rights issue) PT Bank Mandiri Tbk tinggal selangkah lagi untuk dilimpahkan kepada legislatif setelah Komite Privatisasi di tingkat Kementrian BUMN dan Kementrian Keuangan memberikan persetujuan.

ADMF: Adira Finance kucurkan pembiayaan Rp8,8 triliun
PT Adira Dinamika Multifinance Tbk membukukan pembiayaan baru hingga Mei tahun ini mencapai Rp8,8 triliun, naik 85% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

BIPI: Tuntaskan Akusisi ELSA
PT Benakat Petroleum Energy Tbk (BIPI) merampungkan akuisisi sisa saham PT Elnusa Tbk (ELSA) milik PT Tri Daya Esta sebanyak 12,55% pada pekan ini. Dengan akusisi tersebut, BIPI resmi menguasai 37,5% saham Elnusa.

BUMI: Tata Mulai Lepas KPC-Arutmin
PT Tata Power Ltd, mulai melepas sahamnya secara tidak langsung di dua anak usaha PT Bumi Resources Tbk (BUMI), yakni PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan PT Arutmin Indonesia.

CMNP: Naikkan Target Pendapatan
Volume penggunaan jalan tol tahun ini diperkirakan meningkat seiring semakin tingginya mobilitas penduduk. Oleh karena itu, perusahaan jasa konstruksi PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) meningkatkan target pendapatan 25%.

JSMR: 1H, Pendapatan Rp2,1 Triliun
PT Jasa Marga Tbk (JSMR) diperkirakan membukukan pendapatan usaha sebesar Rp2,1 triliun pada 1H10. Pencapaian ini sangat didukung oleh peningkatan jumlah kendaraan yang lewat jalan tol yang dioperasikan perseroan. Pihaknya, menargetkan pendapatan tahun ini sebesar Rp4,2 triliun dan bukan Rp4,4 triliun.

AALI: Incar Produksi CPO 1,08 Juta Ton
PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) optimsitis bisa memproduksi minyak sawit mentah (CPO) tahun ini sebanyak 1,08 juta ton. Hingga Mei 2010, produksi CPO perseroan tercatat 378.674 ton dengan volume penjualan 373.631 ton.

Corporate Action
    * Hari ini (2/7), cum dividen tunai Duta Graha Indah Tbk (DGIK) Rp 2,5 per saham Ex date (5 Jul 2010)
    * Hari ini (2/7), cum date rights issue Bakrieland Development Tbk (ELTY) rasio 1(new) : 1(old) Rp 160 per saham. Ex date (5 Jul 2010)

Tambah Saham Anak Usaha, CITA Butuh Rp 100 Miliar
PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) berencana menambah kepemilikan saham di dua anak usahanya, yaitu PT Harita Prima Abadi Mineral dan PT Karya Utama Tambangjaya.

BNBR Masuk Daftar Marjin
Lima saham baru masuk dalam jajaran saham yang bisa ditransaksikan dengan pembiayaan oleh perusahaan efek (transaksi marjin) dan short selling.

BCAP Ingin Tambah Modal Jadi Rp 1 Triliun
PT Bank Capital Indonesia (Bank Capital) berencana untuk menaikkan modal dasar menjadi Rp 1 Triliun.

Para investor pemburu saham baru punya kesempatan untuk mendulang untung. Pada Juli ini, setidaknya empat emiten baru menjajakan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Mereka adalah PT SkyBee Tbk, PT Bukit Uluwatu Villa Tbk, PT Indopoly Swakarsa Industri Tbk, dan PT Bank Jabar Banten Tbk.
http://www.kontan.co.id/index.php/investasi/news/39804/Menakar-Tiga-Pendatang-Baru

Permintaan kendaraan yang terus menanjak ikut berimbas pada makin prospektifnya industri ban seperti PT Gajah Tunggal. Tingginya permintaan bisa mengimbangi harga karet yang terus bergejolak. Saham GJTL pun mendapat rekomendasi positif.

Siapkan Akuisisi 100 Ribu Ha Lahan, Laba Bersih BWPT Rp 142,48 Miliar
Emiten perkebunan PT BW Plantation Tbk (BWPT) diperkirakan membukukan laba bersih pada semester I-2010 sebesar Rp 142,48 miliar atau naik 34% atau Rp 35,35 miliar dibanding periode yang sama 2009 sebesar Rp 107,13 miliar.

TRIL Targetkan Pendapatan Rp 157 Miliar
PT Triwira Insanlestari Tbk (TRIL) menargetkan pendapatan usaha 2010 naik 9% menjadi Rp 157 miliar dibanding pencapaian tahun sebelumnya Rp 143,6 miliar. Subsektor komoditas diharapkan mengontribusi hingga Rp 125,6 miliar, atau 80% dari total target pendapatan.

Pasar Mobil Juni Capai Rekor Tertinggi
Pasar mobil domestik pada Juni mencapai rekor tertinggi sepanjang tahun ini dengan realisasi penjualan hampir menembus 70.000 unit, seiring permintaan masyarakat yang kuat terhadap produk kendaraan roda empat.

PT Citatah Tbk (CTTH) dikabarkan akan menjadi buruan bandar dalam waktu dekat setelah Asahi Glass CO Jepang berkomitmen merealisasikan kerjasama dengan Perseroan. Memang rencana ini sudah lama dan sempat tertunda. Bandar kabarnya akan mengkerek saham CTTH menuju level Rp150-200 dalam waktu dekat. Selain itu, perusahaan asal Negeri Sakura ini akan menyuntikkan dana sekitar US$25 juta guna mendukung ekspansi perseroan.

Sebuah perusahaan ritel besar yang berbasis di Eropa dan tercatat di Bursa Saham London bakal menjadi mitra PT Bukit Darmo Permai Tbk (BKDP). Kabarnya, investor Eropa ini bersama-sama mengembangkan superblok LenMarc di Surabaya, Jawa Timur. Dalam paparan publiknya, Perseroan mengakui adanya investor strategi terlibat dalam pengembangan superblok tersebut di Kota Pahlawan itu. Namun, identitasnya tidak disebutkan. Dengan keterkaitan tersebut, membawa harga saham Perseroan menembus level Rp250-300 per saham. Sementara itu, pada penutupan perdagangan bursa kemarin harga saham BKDP ditutup naik 6 poin ke Rp150.


Sumber: Detikfinance (Market flash), kontan, inilah.com, investordaily, bisnis.com

Employment in U.S. Probably Dropped in June on Census Cutbacks
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=20601087&sid=asjcJ4BbHCi8&pos=3

Indonesia May Keep Key Rate at Record Low, Bucking Asian Trend
(Bloomberg) -- Indonesia may keep interest rates unchanged for an 11th straight month, bucking a trend from Taiwan to India, as policy makers judge they have time to strengthen economic growth before acting to stem inflation.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aVw0q1ef11qA

Emerging Bond Fund Inflows Quickened to $17 Billion in 1st Half
Share Business ExchangeTwitterFacebook| Email | Print | A A A
(Bloomberg) -- Emerging-market bond fund inflows accelerated to $17 billion in the first half of this year, from $14 billion in the final six months of 2009, EPFR Global said today in a statement.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aSqRs5tBSaQk

Most Asian Stocks Rise After Australian Mining Tax Agreement
(Bloomberg) -- Most Asian stocks rose, led by commodity producers, after Australia reached a tax deal with mining companies. Taiwanese shares rose on optimism a Chinese trade accord will foster agreements with other nations.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=20601087&sid=aIL949gH0zgw&pos=2

Asian Stocks May Fall 8% as Slump Continues: Technical Analysis
(Bloomberg) -- The MSCI Asia Excluding Japan Index may decline toward the 420-point level as the gauge fell below its 200-day moving average, adding to signs the slump will continue, according to CIMB Group Holdings Bhd.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=ajxxcbtNjDBk

Dollar May Test Parity Versus Swiss Franc: Technical Analysis
(Bloomberg) -- The dollar may drop to parity with the Swiss franc based on ichimoku analysis of trading patterns, Ueda Harlow Ltd. said.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=ax_CZKR2I.Ps

Dollar May Fall Further If Stocks Decline: Technical Analysis
(Bloomberg) -- The dollar may slide further beyond a seven-month low against the yen if the Standard & Poor’s 500 continues to fall, according to JPMorgan Chase & Co.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=acj06ZzAbVzg

Euro May Extend Advance, Commerzbank Says: Technical Analysis
(Bloomberg) -- The euro may advance against the U.S. dollar should it remain above a key support level, Commerzbank AG said, citing technical indicators.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aDAnPhPkcPZs

Lack of U.S. Stocks at Lows Is Bullish Sign: Technical Analysis
(Bloomberg) -- The infrequency of U.S. stocks falling to lows indicates the Standard & Poor’s 500 Index may bottom out after slumping about 2.1 percent from yesterday’s close, according to Strategas Research Partners LLC.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=az2DKGuUJWa8

Oil Poised for Biggest Weekly Drop in Eight on Growth Concerns
(Bloomberg) -- Crude oil was poised for its biggest weekly drop in eight after declining on concern economic growth in the U.S. and China will slow, curbing demand in the two largest energy-consuming countries.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aYKZlnXj7AFk

Gold May Extend Quarterly Gain as Recovery Concern Spurs Demand
(Bloomberg) -- Gold, little changed in London today, may extend its best quarterly advance since the end of 2007 as concern over the economic recovery spurs demand for bullion as a means of protecting wealth.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=abpb4I8sc6wI

Nikkei 'Death Cross' Linked to US Stocks, China Fears
Japan's Nikkei average fell 2 percent on Thursday, breaking a key support to hit a 7-month closing low, with market players citing a rise in risk avoidance underscored by falls on Wall Street, a higher yen and slower China manufacturing growth.
http://www.cnbc.com/id/38038960

Halftime Pt.1: S&P in Grips Of Death Cross?
Talk on the Street Thursday turned to how far the market may fall after stocks [.SPX  1027.37    -3.34  (-0.32%)   ] suffered their fourth straight day of losses.
http://www.cnbc.com/id/38038910

S&P Cuts '500' Target, Says Bear Market Looms
Standard & Poor's has cut the target price for its broad 500-stock index and is recommending that investors reduce their exposure to US stocks as a possible bear market develops.
http://www.cnbc.com/id/38038408

Mortgage loan rates fall to new low
http://www.bankrate.com/finance/mortgages/mortgage-loan-rates-fall-to-new-low.aspx

Friday Look Ahead: Jobs Report Could Divide Bears From Economists
The June jobs report Friday could provide more fuel for bears, even as economists hold onto the view that the economy is not double-dipping.
http://www.cnbc.com/id/38048496

Greenspan: Recent Decline 'Typical' of Recovery
Former Federal Reserve Chairman Alan Greenspan said that the recent stock market decline is “typical” of a recovery, and that international instability has more to do with the recent decline than problems in the United States.
http://www.cnbc.com/id/38034791

Strategist: Stocks Reach Cheapest in 60 Years
The U.S. stock market is the cheapest since 1951, according to a model comparing earnings valuations to corporate bond yields. The S&P 500 [.SPX  1027.37    -3.34  (-0.32%)   ] has a so-called earnings yield of 9.1 percent, which when compared to corporate bond yields at 6.1% forms the largest gap in six decades, wrote Michael Darda, chief strategist and economist at MKM Partners.
http://www.cnbc.com/id/38042727

10 Dogs of the S&P — The Second-Half Outlook
The Street
The S&P 500 Index's worst performing stocks for the year so far have been plagued, at times, by simple poor performance and, at other times, by events supposedly beyond their control — like the BP oil spill.
http://www.cnbc.com/id/38017636

Jim Rogers Sees Bond Market Bubble Developing
Bond markets are a bubble waiting to burst because the world economy is facing even worse problems after central banks flooded markets with cash to try to get out of the crisis, famous investor Jim Rogers told CNBC Thursday.
http://www.cnbc.com/id/38031568

Could Jobs Report Put Bottom In S&P?
Stocks finished the day in negative territory on Thursday – though off their lows – as Wall Street braced for a wild ride ahead of the holiday week-end.
http://www.cnbc.com/id/38038948

No comments:

Post a Comment

Kalender Ekonomi & Event


Live Economic Calendar Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal