Thursday, January 28, 2010

Laporan Fundamental & Rumor Saham Indonesia 28-01

Harga saham PT Bank Agroniaga Tbk (AGRO) berpeluang menuju Rp200 dalam jangka pendek maupun menengah. Saham perseroan sedang diincar oleh beberapa mitra strategis

PT Apac Citra Centertex Tbk (MYTX) dikabarkan bakal mendiversifikasi usahanya ke sektor perkebunan kelapa sawit tahun ini. Perseroan disebut-sebut tengah menyiapkan sumber daya manusia dan rencana akuisisi lahan sawit di Sumatera Selatan. Rencana tersebut akan dijadikan momentum oleh beberapa pihak untuk mengerek MYTX menuju kisaran Rp80-100.

Penguatan IHSG diprediksi akan kembali terjadi pada perdagangan Kamis (28/1/2010). Menghijaunya bursa-bursa utama dunia diharapkan bisa menjadi sentimen positif untuk mendorong investor kembali mengkoleksi saham-saham. Namun investor juga akan terus mencermati perkembangan aksi demo 28 Januari yang kabarnya dilakukan besar-besaran.Sentimen positif datang dari bursa Wall Street yang kemarin berakhir di teritori positif setelah Bank Sentral AS (The Fed) memutuskan mempertahankan suku bunga rendahnya untuk waktu yang lebih lama. Pada perdagangan Rabu (27/1/2010), indeks Dow Jones industrial average (DJIA) menguat 41,87 poin (0,41%) ke level 10.236,16. Indeks Standard & Poor's 500 juga menguat 5,33 poin (0,49%) ke levle 1.097,50 dan Nasdaq menguat 17,68 poin (0,80%) ke level 2.221,41.Bursa Jepang juga mengawali perdagangan hari ini di teritori positif. Indeks Nikkei-225 dibuka naik 57,65 poin (0,56%) ke level 10.309,73.

Nilai tukar rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka stabil di tengah kabar aksi demonstrasi yang kabarnya akan besar-besaran memperingati 100 hari kabinet Presiden SBY. Pada perdagangan Kamis (28/1/2010), rupiah dibuka melemah tipis di level 9.425 per dolar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya di level 9.420 per dolar AS.


ADARO Siapkan 11 Jt Ton Batubara di 2010
Sebagian besar produksi batubara Adaro diperuntukan bagi pasar ekspor sekitar 60-70%, dan hanya 25-30% disediakan untuk pasar domestik.

Produksi Batubara Termal BUMI 60 m/Ton di 2009
PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menergetkan produksi batubara termal 2009 diharapkan melebihi 60 m/ton dibandingkan produksi 2008 hanya 53 m/ton.

BUMI Bisa Turun ke Rp1.700
Saham PT Bumi Resources (BUMI), pada Kamis (28/1) diprediksikan melanjutkan pelemahan seiring negatifnya sentimen market dan soal reklamasi lahan bekas tambang.

Fitch Ratings hari ini telah menaikkan peringkat jangka panjang Issuer Default Rating (IDR) dalam mata uang asing dari PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Indosat Tbk (Indosat) ke BBB- dari BB+. Selain itu, menaikkan peringkat jangka panjang IDR dalam mata uang asing dan mata uang lokal dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) ke BB+ dari BB. Pada saat yang sama Fitch juga menaikkan peringkat jangka panjang IDR dalam mata uang lokal dari Telkomsel ke BBB dari BBB-.

INCAR LABA RP 225 MILIAR, Benakat Berpotensi Raup Dana IPO Rp 1,6 Triliun
PT Benakat Petroleum Energy Tbk berpotensi meraup dana hasil penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham sekitar Rp 1,4–1,6 triliun. Target dana ini berdasarkan harga saham perdana perseroan pada kisaran Rp 120-140 per unit.

NILAI TRANSAKSI RP 2,23 TRILIUN, Heineken Segera Lepas 65% Saham Multi Bintang
Rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) menyetujui Asia Pacific Breweries Ltd (APB) untuk mengakuisisi 65% saham perseroan yang dimiliki Heineken International BV.

Telkomsel Raih Pinjaman US$ 300 Juta
PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), meraih fasilitas pinjaman senilai US$ 300 juta dari Export Kredit Namden (EKN), lembaga pembiayaan ekspor milik Pemerintah Swedia.

Direksi Indosat Bakal Dirombak
Susunan direksi PT Indosat Tbk (Indosat) diisyaratkan bakal mengalami perubahan menyusul kinerja manajemen yang kurang menggembirakan pemegang saham.

Economic: IMF Naikkan Prediksi Laju Ekonomi RI
Dana Moneter Internasional (IMF) menilai kasus Bank Century tidak akan memiliki dampak buruk terhadap perekonomian Indonesia pada tahun ini yang diproyeksikan 5,5% atau naik dari prediksi sebelumnya 4,8% PDB. Menurut Division Chief IMF untuk Asia Pasifik, dampak politis seperti kasus Bank Century tidak perlu dispekulasikan secara berlebihan karena faktor itu diyakini tidak akan mengganggu prospek perekonomian Indonesia.

Economic: Penjualan Sukuk Ritel Capai Rp2 T
Penjualan surat berharga syariah negara (SBSN/sukuk) ritel hingga hari ketiga telah mencapai Rp2,05 T, mendekati target indikatif yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp3 T. Dirjen Pengelolaan Utang Depkeu menyatakan optimistis penjualan surat berharga syariah negara ritel seri 02 (SR-002) melebihi target indikatif.

Property: Asing boleh memiliki properti 70 tahun
Tak lama lagi permintaan hunian dari warga negara asing boleh jadi akan naik karena salah satu poin yang direvisi dari PP No.41 Tahun 1996 tentang Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing adalah mengenai pemerintah yang akan memperpanjang masa hak pakai rumah atau hunian oleh asing dari sebelumnya hanya 25 tahun menjadi 70 tahun.

Banking: Fitch Naikkan Peringkat 8 Bank
Fitch Ratings menaikkan peringkat 8 bank nasional Indonesia dari BB ke BB+. Kenaikan peringkat tersebut membuat perbankan optimistis untuk menerbitkan obligasi dengan kupon bunga yang lebih baik dari peringkat sebelumnya. Delapan bank tersebut yaitu:
1. PT Bank Mandiri Tbk
2. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)
3. PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
4. PT Bank International Indonesia Tbk (BII)
5. PT Bank CIMB Niaga Tbk
6. PT Bank Danamon Indonesia Tbk
7. PT Bank OCBC NISP Tbk
8. PT Bank UOB Buana.

TLKM: Raih Pinjaman US$300 Juta
PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), meraih fasilitas pinjaman senilai US$300 juta dari Export Kredit Namden (EKN), lembaga pembiayaan ekspor dari pemerintah Swedia. Fasilitas pinjaman tersebut akan digunakan untuk membiayai pengadaan perangkat telekomunikasi dari Ericsson Swedia.

MPPA: Siap Lunasi Obligasi US$200 Juta
PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) siap mempercepat pelunasan obligasi US$200 Juta yang jatuh tempo pada 2012 setelah menjual mayoritas sahamnya di PT Matahari Department Store Tbk (MDS). Perusahaan pemeringkat Standard & Poor's (S&P) dan Moody's Investors Service berencana menurunkan peringkat Matahari Putra dan surat utangnya dari posisi sekarang masing-masing B1 dan B+.

ADHI: Adhi Karya Rights Issue 4Q
PT Adhi Karya Tbk (ADHI) menargetkan pelaksanaan rights issue Rp 600 miliar pada 4Q. Rencana tersebut merupakan kelanjutan dari proses yang telah tertunda 3 tahun lalu, yang disebabkan krisis finansial 2008 yang menekan harga saham perseroan.

ADHI: Incar Kontrak Rp 14,8 Triliun
ADHI mengincar total kontrak hingga Rp 14,8 triliun sepanjang 2010. Sebesar Rp 9 triliun merupakan kontrak baru, dan sisanya kontrak bawaan (carry over) 2009. Direktur Utama Adhi Karya Bambang Triwibowo mengatakan, ADHI akan menggenjot kontrak melalui pengerjaan pembangkit listrik (power plant), rekayasa engineering (electrical procurement construction/EPC), bangunan bertingkat (high rise building), jalan tol, dermaga, dan pelabuhan.

BBTN: Optimistis Laba Tumbuh 50%
PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) optimistis laba perusahaan tumbuh sebesar 50% tahun ini. Untuk itu, perseroan akan mengoptimalkan penyaluran kredit yang diharapkan naik 22%. Per September 2009, laba bersih perusahaan mencapai Rp319 miliar. Perusahaan menargetkan laba bersih dapat mencapai Rp485 miliar pada 2009. BTN memperkirakan akselerasi penyaluran kredit pemilikan rumah bersubsidi akan terus meningkat pascapelepasan saham perdana ke publik pada Desember 2009.

ADRO: Targetkan Produksi Batubara 45 Juta Ton
PT Adaro Energy Tbk (ADRO) berencana meningkatkan produksinya. Perseroan menargetkan
produksi batubara tahun ini bisa mencapai 45 juta ton. Kenaikan produksi tersebut bakal mengerek pendapatan emiten ini sekitar 10%-15% pada tahun ini.

MEDC: Gas Donggi-Senoro Tetap Untuk Ekspor
Kesepakatan Gas Sales Agreement (GSA) antara PT Pertamina dan MEDC dengan PT Donggi Senoro LNG yang telah diteken pada 22 Januari 2009 telah mengunci komitmen ekspor gas. Sebagian besar gas Donggi-Senoro yaitu sebesar 335 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) tetap akan diperuntukkan bagi pasar ekspor.

IPO: Benakat Energy Tawarkan Harga Saham Rp 120-140
Harga saham perdana PT Benakat Petroleum Energy Tbk dipatok pada level Rp 120-140 per saham. Adapun target dana yang diincar sebesar Rp 1,38 triliun hingga Rp 1,61 triliun. Dana hasil IPO akan digunakan untuk menambah penyertaan kepemilikan kepada anak usaha.

Moody's Akan Review Peringkat MPPA Setelah Pengumuman Penjualan Department Store
Moody's menilai penjualan Matahari Department Store akan meningkatkan likuiditas MPPA dalam jangka pendek.

CPRO Renegosiasi, Notes Dibayar 6 Bln Lagi
CP Prima telah melakukan pembiacaraan untuk kondisi perpanjanga atau standstill selama 6 bulan atau mundur dari sebelumnya 28 Januari 2010.

Frontline Beli Saham Metrodata Com
PT Frontline Pte. Ltd akan membeli seluruh saham Metrodata Electrinics Tbk (MTDL) yang ada didalam E Metrodata Com.

Sumber: Investordaily, Kontan, Detik.com (Market Flash), Inilah.com

No comments:

Post a Comment

Kalender Ekonomi & Event


Live Economic Calendar Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal