Tuesday, July 13, 2010

Laporan Berita & Rumor Saham 13-07

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhirnya ditutup naik tipis 2 poin setelah sempat terjebak di zona negatif terseret sentimen negatif bursa regional Asia. IHSG berhasil mencetak rekor perdagangan intraday baru di level 2.978. Sayangnya penguatan tidak bertahan lama. Sentimen bursa regional Asia yang sebagian besar terjebak di zona negatif membuat IHSG akhirnya ikutan jatuh ke zona merah. IHSG bergerak dalam rentang 2.946,408 hingga 2.978,506. Investor asing juga masih didominasi aksi beli sebesar Rp 907,038 miliar, sedangkan aksi jual asing sebesar Rp 799,501 miliar. Nilai pembelian bersih asing (foreign net buy) sebesar Rp 107,537 miliar.

Saham-saham yang naik harganya di top gainer antara lain Anker Bir (DLTA) naik Rp 4.000 ke Rp 90.000, Astra International (ASII) naik Rp 900 ke Rp 48.200, Sarana Menara (TOWR) naik Rp 825 ke Rp 4.150, Astra Otoparts (AUTO) naik Rp 500 ke Rp 14.750, BRI (BBRI) naik Rp 400 ke Rp 9.800. Saham-saham yang turun harganya di top loser antara lain Unilever (UNVR) turun Rp 250 ke Rp 16.650, BTPN turun Rp 200 ke Rp 8.400, Charoen Pokphand (CPIN) turun Rp 125 ke Rp 3.950, Lonsum (LSIP) turun Rp 100 ke Rp 7.650, Bukit Asam (PTBA) turun Rp 100 ke Rp 17.150.

BBRI Salurkan KUR Rp3,1 Triliun
Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) hingga Rp3,1 triliun pada semester pertama tahun ini mendukung program Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM).

MPPA Akan Buy Back Senior Notes USD200 Juta
PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) memastikan rencananya membeli kembali senior notes USD 200 juta pada 9 Agustus 2010 yang disertai dengan pembayaran bunga sebesar 10,75 persen.

Oktober, Bumi Resources Mineral IPO 16,22%
Perusahaan sektor tambang non batubara PT Bumi Resources Mineral (BRM) yang juga anak usaha dari PT Bumi Resources Tbk (BUMI) akan melepas 16,22 persen sahamnya ke publik melalui penawaran umum (Initial Public Offering/IPO).

Rupiah Harus Puas di Rp9.062
Nilai tukar Tanah Air sore ini ditutup terkoreksi dalam jika dibandingkan perdagangan pagi tadi.

Ultah ke-18, BEI Targetkan Jumlah Investor 2,3 Juta di 2012
Di ulang tahunnya yang ke-18, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan jumlah investor pasar modal dapat mencapai 2,3 juta dengan kapitalisasi pasar dapat mencapai Rp3 ribu triliun di 2012.

Dana Misterius Bakrie 7 di BACA Capai Rp 6,884 Triliun
Dana misterius 7 emiten grup Bakrie alias Bakrie 7 di PT Bank Capital Tbk (BACA) ternyata mencapai Rp 6,884 triliun.

ANTM Batal Roadshow ke Eropa dan AS
PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) batal ikut non deal roadshow yang akan digelar ke Eropa dan Amerika.

MEDC-Pertamina Merger Akhir Tahun?
Penjajakan rencana kerja sama antara PT Medco Energi Internasional Tbk dengan PT Pertamina (Persero) yang telah dilakukan sejak dua tahun belakangan ini kini masih belum menentukan opsi jenis kerja sama mana yang akan diputuskan.

Perusahaan pertambangan PT Bumi Resources (Bumi) Tbk (BUMI) mampu memproduksi batubara semester I-2010 sebanyak 30,2 juta ton. Angka produksi ini lebih tinggi 13% atau sekitar 3,4 juta ton dibanding periode yang sama 2009 sebesar 26,8 juta ton. Selama periode tersebut, penjualan batubara perseroan mencapai 31 juta ton atau naik 21% dibanding semester I-2009 sebanyak 25,6 juta ton. Direktur dan Sekretaris Perusahaan Bumi Dileep Srivatava mengatakan, pada kuartal II-2010, harga rata-rata penjualan batubara Bumi mencapai US$ 71,6 per ton. Harga tersebut berarti lebih tinggi US$ 9 per ton dibanding kuartal I sebesar US$ 62,7 per ton.

BRI Siap Serap Hingga 80% Saham Bank Agro
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) siap menyerap saham PT Bank Agroniaga Tbk hingga 80%. Keputusan tersebut akan dimatangkan dalam RUPSLB. 

Para bandar dikabarkan bakal mengerek saham PT Budi Acid Jaya Tbk (BUDI) dalam waktu dekat ini. Hal ini terkait berita Perseroan yang tengah mengkaji akuisisi tiga unit PLTBG. Aksi korporasi ini meluruskan rencana Perseroan untuk menggeluti dunia bisnis energi alternatif dari tepung tapioka menjadi biogas. Selain itu, warta di kalangan pelaku pasar modal menyebutkan, Perseroan berniat mengakuisisi pabrik gula di Lampung dan Solo.

Saham PT Gunawan Dianjaya Tbk (GDST) dikabarkan bakal masuk radar investasi pemodal. Kabarnya salah satu pemegang saham mayoritas tengah bernegosiasi dengan manajemen PT Krakatau Steel. Perusahaan pelat merah tersebut berniat memiliki 20% saham Gunawan pada harga Rp150 per saham. Selain itu, Perseroan telah melunasi utang-utang dagang dengan dana yang berasal dari hasil penawaran perdana atau IPO.

Rupiah Masih di Bawah Rp9.050 Per Dolar
Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa pagi masih berada di bawah Rp9.050 per dolar, meski pelaku pasar melepas mata uang Indonesia itu dalam upaya mencari keuntungan setelah hari sebelumnya naik.

Fitch Naikkan Peringkat PGAS ke BB+
Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menaikkan rating PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) untuk utang jangka panjangnya yang berdenominasi rupiah dan mata uang asing menjadi BB+ dari sebelumnya BB.

BEI Cabut Suspensi Saham RIGS
Penghentian perdagangan saham (suspensi) PT Rig Tenders Tbk (RIGS) akhirnya dibuka kembali oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan hari ini.

PT Lautas Luas Tbk (LTLS) akan membayarkan dividen pada 15 Juli 2010 mendatang. Dalam rilisnya Selasa (13/7) dijelaskan Perseroan telah menyetujui pembagian dividen yang diputuskan dalam RUPSLB 3 Juni 2010 lalu.
Dalam RUPSLB tersebut diumumkan Perseroan akan membagikan dividen sebesar Rp34 per saham dari laba bersih 2009 sebesar Rp86 miliar. Nilai dividen yang akan dibayarkan ini sebesar 30% dari laba bersih 2009.

BEI Bakal Periksa BNBR dan BACA
Bursa Efek Indonesia (BEI) akan memeriksa laporan keuangan kuartal I-2010 PT Bakrie & Brother Tbk (BNBR) dan PT Bank Capital Tbk (BACA). Pemeriksaan terkait adanya ketidaksesuaian data pada laporan keuangan masing-masing.

Penjualan BSDE Naik 62%
PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) membukukan kinerja yang cukup cemerlang pada semester I 2010. Pengembang kawasan hunian ini berhasil mengantongi angka penjualan sebesar Rp 873 miliar atau naik 62,98% daripada penjualan periode yang sama tahun lalu.

Laba Bersih WIKA Naik 35% di Semester I
Geliat ekonomi domestik menjadi berkah bagi perusahaan infrastruktur, termasuk PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). Sepanjang semester I tahun ini, perusahaan konstruksi pelat merah ini telah mengantongi laba bersih sebesar Rp 126,5 miliar atau naik 35,53% daripada periode sama tahun lalu sebesar Rp 93,34 miliar.

RIGS Siap Ambil Alih 51 Perusahaan Sewa Kapal
PT Rig Tenders Indonesia (RIGS) akan mengambil alih kepemilikan saham 51 perusahaan penyewaan kapal yang berdomisili di Indonesia dan Singapura. Untuk membiayai aksi tersebut, perusahaan ini berencana menjaring dana lewat rights issue dan pinjaman bank.

UNSP Jadi Pemilik Domba Mas dan Benua Indah
PT Bakrie Sumatera Plantations (UNSP) telah menyelesaikan pembelian aset milik Domba Mas dan Benua Indah.

KARK Finalisasi Kontrak Batubara US$ 121,5 Juta
PT Dayaindo Resources International Tbk (KARK) tengah memfinalisasi kontrak baru pengiriman batubara ke perusahaan Tiongkok, Guangdong Machinery Imp & Exp Co Ltd.

Buka 10 Cabang, KLBF Investasi Rp 150 Miliar
PT Kalbe Farma (KLBF) akan ekspansi usaha dengan menambah 10 kantor cabang baru dengan investasi senilai Rp 150 miliar.

BUVA Garap Alila Bintan Rp 350 M
Perusahaan yang bergerak di sektor jasa akomodasi dan perhotelan PT Bukit Uluwatu Villa Tbk (BUVA) dalam waktu dekat mengembangkan Alila Villas Bintan di Lagoi Bay di Kepulauan Riau.

Corporate News
PKPK: Juni Cadangan Layak Tambang PKPK Hanya 200 Rb MT
Perusahaan tambang batu bara PT Perdana Karya Perkasa Tbk (PKPK) melaporkan kegiatan eksplorasi dan pengembangan areal batu bara Juni 2010. Kegiatan rutin yang dilakukan perseroan selama Juni 2010 adalah melakukan kegiatan penambangan terhadap rencana tambang (mineplan) pada area konsesi yang dioperasikan di Dondang, Muara Jawa, Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

BMRI: Bank Mandiri Lelang Aset BIG
PT Bank Mandiri Tbk melakukan pendekatan kepada sejumlah investor untuk memaksimalkan lelang aset Benua Indah Group (BIG) setelah dua kali tender tidak mendapatkan pemenang. Group Head Asset Management Bank Mandiri mengatakan saat ini manajemen melakukan pendekatan kepada investor untuk memastikan keseriusan mereka dalam ikut lelang Benua Indah.

BBCA: BCA Syariah Kenalkan 3 Produk
PT Bank Central Asia (BCA) Syariah akan meluncurkan produk ATM BCA Syariah, layanan internet banking, dan SMS banking pada tahun ini. Direktur bisnis BCA Syariah mengatakan peluncuran tiga produk tersebut diharapkan mampu meningkatkan komposisi dana murah (tabungan dan giro) perseroan menjadi di kisaran 10%-20% dan sisanya sebesar 70%-80% di deposito.

BNGA: Bank CIMB NIaga rights issue kuartal III
PT Bank CIMB Niaga Tbk memastikan akan menggelar penawaran saham terbatas (rights issue) pada 3Q10. Presiden Direktur Bank CIMB Niaga mengungkapkan upaya ini ditempuh terkait dengan kapitalisasi modal perseroan. Saat ini, lanjutnya, perseroan sedang menuntaskan penyusunan laporan keuangan untuk mendukung rights issue.

DOID: Siapkan Belanja US$180 Juta Tahun ini
PT Delta Dunia Makmur Tbk, induk kontraktor pertambangan batu bara terbesar kedua nasional PT Bukit Makmur Mandiri Utama (Bu-ma), menganggarkan belanja modal sebesar US$150 juta- US$180 juta pada tahun ini.

RALS: Raup Pendapatan Rp2,43 T
Perusahaan ritel PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk meraih pendapatan sebesar Rp2,43 T pada semester I/2010, ditopang membaiknya kinerja penjualan di luar Pulau Jawa terutama di Sumatra.

Corporate Action
    * Hari ini (13/7), cum dividen tunai Gudang Garam Tbk (GGRM) Rp 650 per saham Ex date (14 Jul 2010)
    * Hari ini (13/7), exercise date warrant Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) rasio 1 : 1, dengan harga pelaksanaan Rp 430 per lembar saham.
    * Hari ini (13/7), cum dividen tunai Darya-Varia Laboratoria Tbk (DVLA) Rp 45 per saham Ex date (14 Jul 2010)
    * Hari ini (13/7), cum dividen tunai Panca Global Securities Tbk (PEGE) Rp 8 per saham Ex date (14 Jul 2010)
    * Hari ini (13/7), cum dividen tunai Bank ICB Bumiputera Tbk (BABP) Rp 0,45 per saham Ex date (14 Jul 2010)

Sumber: inilah.com, detikfinance.com (market flash), kontan, okezone, bisnis, investordaily

No comments:

Post a Comment

Kalender Ekonomi & Event


Live Economic Calendar Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal