Monday, July 5, 2010

Update Berita & Rumor Saham 05-07

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhirnya ditutup menguat tipis dalam volume perdagangan yang ekstra tipis pula. IHSG bergerak lesu di tengah minimnya sentimen dan beragamnya gerak bursa regional. Mengawali perdagangan pagi tadi, IHSG dibuka menguat tipis 1,13 poin atau 0,05% menjadi 2875,625. IHSG bergerak sangat lambat, dan terlihat investor sangat berhati-hati. Pengumuman BI Rate di level 6,5% tampaknya juga sudah diantisipasi oleh para investor. Pada penutupan perdagangan Senin (5/7/2010), IHSG ditutup memasuki zona hijau dengan naik 5,750 poin (0,20%) ke level 2877,304. Indeks LQ 45 juga ditutup menguat tipis sebanyak 1,465 poin (0,26%) ke level 558,081.

Pemerintah menyatakan menyetujui rencana PT Bank Mandiri Tbk untuk melakukan penerbitan saham baru lewat rights issue sebesar maksimal 15%. Rencana ini bisa segera dibawa ke DPR untuk dimintai persetujuan.

PT Indofood CBP Sukses Makmur, anak usaha PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) akan segera mencatatkan saham di lantai bursa pada triwulan-III 2010. Jumlah saham yang ditawarkan ke publik sekitar 18%.

PT Mutiara Timur Pratama, salah satu pemegang saham PT Eatertainment International Tbk (SMMT) telah meningkatkan kepemilikan saham menjadi 32,67%. Pembelian dilakukan di harga Rp 350 per lembar.

PT Benakat Petroleum Energy Tbk (BIPI) akhirnya menuntaskan akuisisi 12,55% saham PT Elnusa Tbk (ELSA). Dengan akuisisi tersebut saat‌ ini Benakat menguasai 37,15% saham Elnusa atau memiliki 2.711.565.890 lembar saham Elnusa.

Sepanjang bulan Juni 2010, Surat Utang Negara (SUN) yang diterbitkan oleh pemerintah terus diburu investor asing. Jumlah kepemilikan asing pun kembali naik dari Rp 144,09 triliun di akhir Mei 2010 menjadi Rp 162,05 triliun di akhir Juni 2010.

Hingga akhir semester I-2010, jumlah cadangan devisa Indonesia mencapai US$ 76,3 miliar. Jumlah itu berarti meningkat US$ 1,8 miliar dalam sebulan, karena pada akhir Mei 2010 jumlah cadangan devisa Indonesia mencapai US$ 74,5 miliar.
Jadi sepanjang bulan Juni 2010, jumlah kepemilikan asing di SUN bertambah sebesar Rp 17,96 triliun. Secara persentase, porsi kepemilikan asing di SUN adalah 26,08%.

Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan tingkat suku bunga acuannya yaitu BI Rate sebesar 6,5%. Dengan begitu selama 12 bulan berturut-turut, BI kembali menahan BI Rate di level 6,5%.
Pjs Gubernur BI Darmin Nasution mengatakan, Dewan Gubernur BI menahan BI Rate karena tekanan inflasi masih bisa dapat dijaga di level 5 plus minus 1 persen meskipun pada Juni 2010 inflasi cukup tinggi 0,97%.

Bank Indonesia (BI) mencatat dana asing di Sertifikat Bank Indonesia (SBI) sampai dengan akhir Juni 2010 sebesar Rp 41,8 triliun atau meningkat sebesar Rp 4 triliun dibandingkan dengan awal Juni 2010. Dana asing di SBI saat ini mencapai 15,5% dari total outstanding SBI hingga akhir Juni 2010 yang mencapai Rp 269,7 triliun

BIPI Incar Laba Rp20 M di Kuartal II-2010
PT Benakat Petroleum Energy Tbk (BIPI) mengincar pertumbuhan organik maupun non organik pada kuartal II 2010 dengan laba bersih Rp20 miliar.

Saham Alam Sutera Realty (ASRI) menjadi saham yang paling banyak dibeli investor asing mencapai Rp47 juta dari total pembelian investor asing Rp724,03 miliar di BEI.

Panin Rencana Jual 78,03 Jt Saham Hasil 'Buyback'
PT Panin Financial Tbk (PNLF) berencana untuk menjual 78,03 juta saham hasil buyback per 30 Juni 2008 lalu.

Saham Asia 'Mixed' Dipicu Kekecewaan Tenaga Kerja AS
Pasar saham Asia mixed pada awal perdagangan Senin (5/7) akibat laporan tenaga kerja AS yang mengecewakan memicu kekhawatiran perlambatan pemulihan ekonomi AS.

Zulkifli Zaini Resmi Jadi Dirut Bank Mandiri
Direktur Komersial Bank Mandiri PT Bank Mandiri Tbk, Zulkifli Zaini resmi diangkat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri menggantikan Agus Martowardojo.

Cermati Aksi ‘Buyback’ Agresif MNCN
Program buyback banyak diminati emiten pasar modal. Seperti yang dilakukan MNCN. Namun jika momentumnya tidak tepat, malah tidak aman bagi harga sahamnya.

Zulkifli Zaini Jadi Dirut Bank Mandiri?
Zulkifli Zaini, Direktur Commercial Banking Bank Mandiri hampir dipastikan akan menjadi Dirut Bank Mandiri menggantikan Agus Martowardojo yang saat ini menjadi Menkeu.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatatkan total emisi obligasi dan sukuk yang tercatat di BEI sebesar Rp93,91 triliun dari 150 emisi yang diterbitkan oleh 85 emiten.

PT Garuda Indonesia Airlines baru akan menyeleksi lembaga penunjang untuk penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) pada Kamis 8 Juli 2010. Perusahaan pelat merah itu berniat menjual sahamnya di semester II-2010.

Rupiah Pagi Turun 10 Poin
Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Senin pagi bergerak turun, namun masih berkutet di atas angka Rp9.000 per dolar, karena pelaku pasar belum antusias masuk kepasar, meski bursa regional menguat.

PLN Dapat Pasokan 9 Juta Ton Batubara dari PTBA
PT PLN (Persero) telah mendapatkan komitmen pasokan batubara kalori rendah (low rank coal) sebesar 9 juta ton per tahun dari PT Tambang Bukit Asam (PTBA).

PT Clipan Finance Indonesia Tbk (CFIN0 diisukan bakal dikerek bandar menuju Rp400. Hal ini dipicu rencana Mellon Bank NA S/A Mackenzie Cuncill Emerging yang akan berniat untuk menebus waran perseroan yang akan berakhir pada pekan ini. Selain itu, agenda pembagian dividen 22% dari laba 2009 akan menopang penguatan harga sahamnya.

encana IPO PT Berau Coal dalam waktu dekat diperkirakan akan dimanfaatkan ivestor untuk mengakumulasi saham PT Delata Dunia Makmur Tbk (DOID). Aksi ini dilakukan sebab DOID merupakan perusahaan tambang batubara terbesar swasta di bawah BUMI dan ADARO. Apalagi, DOID dikabarkan diberikan opsi memiliki Berau Coal saat IPO. Karena itu, kinerja DOID akan melambung dan harga sahamnya berpeluang menembus Rp1.300-1.500 dalam waktu dekat.

BCAP Genjot DPK
PT Bank Capital Tbk mengincar pertumbuhan jumlah dana pihak ketiga (DPK) hingga akhir tahun ini mencapai Rp3 triliun hingga Rp3,5 triliun dari posisi akhir tahun lalu sebesar Rp2,5 triliun.

LTLS Resmikan Anak Usaha
PT Lautan Luas Tbk, perusahaan manufaktur melalui anak usahanya lautan Luas Singapore Ltd Pte meresmikan pembentukan Lautan Luas Vietnam yang merupakan cucu perusahaan pada akhir bulan lalu.

DGIK Dirikan Joint Venture
PT Duta Graha Indah Tbk, per­usahaan yang bergerak di bidang konstruksi masuk ke bisnis tambang batu bara dengan segera merealisasikan pembentukan perusahaan patungan (joint venture) dengan Macmahon Contractors Pty Ltd, perseroan menganggarkan dana sebesar US$15 juta atau setara dengan Rp150 miliar.

DILD Perkuat Pemasukan Rutin
PT Intiland De­velop­ment Tbk diproyeksikan meraup la­ba bersih Rp254 miliar akhir ta­hun ini, atau melonjak sepuluh kali lipat dari capaian tahun lalu Rp25,6 miliar menyusul rencana divestasi aset.

Akuisisi ELSA Selesai Pekan Ini
PT Benakat Petroleum Tbk menargetkan penyelesaian sisa pembelian 12,55% saham milik PT Elnusa Tbk melalui PT Tridaya Esta rampung pekan ini.

Agung Podomoro Segera IPO
Raksasa properti PT Agung Podomoro Group berencana menggelar penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) dengan target dana Rp3 triliun.

BMRI: Salurkan Rp 200 Miliar ke Anak Usaha
PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) telah menyalurkan kredit kepada anak usahanya, PT Mandiri Tunas Finance (MTF) sebesar Rp 200 miliar sebagai fasilitas pembiayaan mobil bekas.

CPRO: BEI: CPRO Harus Punya Solusi Standstill Agreement
Bursa Efek Indonesia (BEI) mendesak manajemen PT Central Proteinaprima Tbk (CPRO) untuk segera memberi solusi, setelah masa standstill agreement berakhir 30 Juni 2010.

LTLS: Bentuk Cucu Perusahaan di Vietnam
Perusahaan manufaktur PT Lautan Luas Tbk (LTLS) melalui anak usahanya Lautan Luas Singapore Ltd Pte secara resmi membentuk cucu perusahaann barunya Lautan Luas Vietnam yang merupakan unit manufakturnya yang baru.

SMMT: Bursa Masih Tunggu Penjelasan SMMT
Bursa Efek Indonesia (BEI) masih menunggu penjelasan dari PT Eatertainment International Tbk (SMMT) terkait kenaikan harga saham perusahaan yang baru saja diambil alih Grup Rajawali tersebut. Suspensi masih dilakukan sampai mereka berikan penjelasan lebih lanjut.

BCIC: Gaji Direksi Bank Mutiara Naik 10%
PT Bank Mutiara Tbk (BCIC) yang dulu bernama Bank Century menaikan gaji direksi dan komisaris sebesar 10 persen pada tahun 2010 ini. Menyetujui kenaikan gaji direksi perseroan sebesar 10 persen terhitung tanggal 1 Januari 2010.

INDY: Finalisasi Kontrak US$ 200 JUTA
PT Indika Energy Tbk (INDY) sedang memfinalisasi kontrak penambangan batubara milik PT Kideco Jaya Agung di Samarangau, Kalimantan Timur senilai US$200 juta atau sekitar Rp1,85 triliun. Kotrak tersebut diperoleh melalui anak usahanya, yakni PT Petrosea Tbk (PTRO).

SMAR: SMART Menjamin Kelestarian Produk
Produsen minyak kelapa sawit terintegrasi nasional, PT SMART Tbk, mengumumkan sejak tanggal 1 Juli 2010 telah mengimplementasikan produser standar operasi terbaru. Standar ini menjamin kelestarian produk. Menurut Direktur Utama SMART Daud Dharsono, SMART juga membentuk Departemen Penanganan Keluhan untuk menampung dan menganalisis keluhan masyarakat dan menyerahkan keluhan itu ke departemen teknis untuk menyelesaikan.

TMPI: 30 Juli Terbitkan Waran
PT Agis Tbk (TMPI) akan menerbitkan 1 miliar waran dalam 2 tahap. Perseroan akan menerbitkan 500 juta waran seri III tahap pertama pada 30 Juli 2010, dan 500 juta lembar sisanya akan diterbitkan enam bulan kemudian. Waran seri III tahap pertama yang memiliki nilai nominal Rp100 per lembar akan ditawarkan Rp 125 per lembar.

KARK: Beli Kapal Rp 240 Miliar
PT Dayaindo Resources International Tbk (KARK) menargetkan pembelian 2 kapal tongkang pengangkut batubara sepanjang tahun ini. Total investasinya sebesar Rp 240 miliar. Perusahaan itu telah membeli dua kapal tongkang dengan kapasitas angkut masing-masing 8 ribu metrik ton.

PWON: Targetkan Pendapatan Rp 1,1 Triliun
PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) menargetkan pendapatan usaha Rp 1,1 triliun pada 2010, atau melonjak 57,82% dibanding tahun 2009 sebesar Rp 697 miliar. Pencpaaianya ditopang dengan penjualan dari pengembangan beberapa proyek properti di Surabaya dan Jakarta.

TRIL : Kasus Triwira Masuk Penyidikan Bapepam-LK
Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) meningkatkan status pemeriksaan dugaan transaksi saham semu PT Triwira Insan Lestari Tbk ke ranah penyidikan. Kasus yang terjadi pada 2008 lalu kini mulai disidik, setelah hampir setahun diperiksa.

Sumber: Inilah.com, kontan, detikfinance (market flash), investordaily, bisnis.com

No comments:

Post a Comment

Kalender Ekonomi & Event


Live Economic Calendar Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal