Wednesday, July 7, 2010

Update Daily Investment News

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) gagal mencetak rebound dan dipaksa turun 8 poin dalam volume perdagangan yang sangat tipis. Padahal, menjelang penutupan perdagangan, IHSG sempat mencicipi zona hijau walau hanya sesaat. Membuka perdagangan pagi tadi, IHSG dibuka naik tipis ke level 2.913,340, naik sebanyak 2,692 poin (0,09). Namun, hingga pukul 09.40 waktu JATS, IHSG langsung turun sebanyak 6,271 poin atau setara 0,22% ke level 2.904,377. Pada perdagangan Rabu (7/7/2010), IHSG ditutup di level 2.902,044, turun 8,604 poin atau setara (0,30%). Indeks LQ 45 juga ditutup melemah 1,697 poin (0,30%) ke level 563,794.

Sementara nilai tukar rupiah ditutup stabil di level 9.080 per dolar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya di level 9.070 per dolar AS.

Selain masih terkena dampak pelemahan bursa regional, turunnya IHSG juga disumbang oleh melemahnya harga saham-saham komoditas. Dua saham pendatang baru Golden Retailindo (GOLD) dan SkyBee (SKYB) yang sebelumnya masuk dalam saham top gainer kini stagnan dan tidak bisa membantu IHSG menanjak.
Bank BTPN Siap Bayar Bunga Obligasi
PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (Bank BTPN) menyatakan kesiapannya untuk membayar pokok utang dan bunga obligasi.

BEI Minta Penjelasan Manajemen SMMT
Bursa Efek Indonesia (BEI) meminta penjelasan tertulis kepada PT Eatertainment International Tbk (SMMT) dengan perubahan bisnis PT Eatertainment International Tbk.

Citigroup Securities Disetujui Jadi Anggota Bursa
PT Citigroup Securities Indonesia telah mendapatkan persetujuan anggota bursa dari Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (7/7).

CIMB Securities Luncurkan 'Online Trading'
PT CIMB Securities Indonesia meluncurkan i*Trade CIMB platform untuk meudahkan nasabah melakukan transaksi efek secara online dan real-time.

Gagal Manfaatkan Wall Street, Saham Asia 'Nyungsep'
Saham Asia mayoritas melemah pada perdagangan Rabu (7/7) dan gagal memanfaatkan penguatan di Wall Street.

Listing hari ini, saham PT Golden Retailindo Tbk (GOLD) langsung melesat 48,57% atau menguat 170 poin ke Rp520 per saham.
Volume perdagangan saham GOLD pagi ini tercatat sebanyak 7.202 saham dengan nilai transaksi sebesar Rp1,79 miliar untuk 198 kali transaksi.

Listing hari ini, saham PT Skybee Tbk langsung melesat 41,33% atau menguat 155 poin ke Rp530 per saham. Volume perdagangan saham SKYB pagi ini tercatat sebanyak 33.777 saham dengan nilai transaksi sebesar Rp8,61 miliar untuk 711 kali transaksi.

Harga saham PT Bumi Resources (BUMI) dinilai belum menunjukkan harga sebenarnya. Tak heran bila para analis masih melihat adanya potensi penguatan ke level Rp3.000 per lembarnya.

Banking: BI Rate diprediksi 7% akhir tahun
BI Rate diperkirakan hanya naik 50 basis poin dari posisi saat ini 6,5% menjadi 7% sampai akhir tahun karena tekanan inflasi baru akan terjadi pada November akibat volatilitas harga bahan makanan dan kenaikan tarif dasar listrik. Ekonom CIMB Niaga Winang Budoyo memperkirakan BI akan mempertahankan status quo suku bunga hingga Oktober 2010 di level 6,5% menyusul posisi inflasi inti masih tergolong stabil.

BBRI: BRI Syariah bidik aset Rp30 triliun dalam 5 tahun
PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah menargetkan aset bisa meningkat sampai Rp30 triliun dalam 5 tahun dari posisi Rp4,5 triliun saat ini dengan ekspansi usaha diarahkan untuk tumbuh secara organik. Dirut BRI Syariah Ventje Rahardjo mengatakan obsesi pencapaian aset itu sejalan dengan ekspektasi industri perbankan syariah yang membidik pangsa pasar sebesar 10% dari total aset bank konvensional pada 2014. Dengan target tersebut, perseroan minimal harus memiliki pertumbuhan aset sebesar 50% dalam setiap tahun. Manajemen, sambungnya, sudah menyiapkan strategi dalam mengejar target itu. Seperti meningkatkan jumlah kantor jaringan dari saat ini 74 kantor cabang menjadi 250 kantor cabang.

TLKM: Telkomsel dinilai langgar Permenkominfo
PT Telkomsel dinilai melanggar Permenkominfo No. 1/2009 mengenai SMS Premium terkait dengan penawaran ring back tone (RBT) khusus Piala Dunia kepada pelanggannya. Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nonot Harsono mengungkapkan pemberian layanan SMS premium tidak bersifat memaksa. Menurut dia, sesuai dengan regulasi yang ada, pemberian layanan SMS premium harus default NO, bukan YES. Pemberian layanan SMS premium juga harus melalui REG dan harus bisa UNREG.

JSMR: Tarif Tol Cikampek dan Tol Bandara Naik Mulai 12 Juli
Tarif tol Cikampek dan Prof Sedyatmo atawa tol Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, segera naik. Setelah sempat tertunda lima hari dari seharusnya mulai 30 Juni 2010, surat keputusan kenaikan tarif kedua ruas itu akhirnya ditandatangani Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, kemarin (5/7).

GZCO: Laba Diperkirakan Meningkat 27%
PT GozcoPlantations Tbk (GZCO) memperkirakan laba bersih 1H10 sebesar Rp94 miliar, meningkat 27% dibandingkan periode sama 2009 senilai Rp74,25 miliar. Namun, pendapatan perseroan pada 1H10 diperkirakan turun 18% dari Rp215 miliar menjadi Rp175 miliar.

AKRA: Bidik Rp 150 Miliar dari Unit China
PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) membidik tambahan pendapatan Rp 120 miliar-Rp 150 miliar dari anak usahanya AKR Guigang Transshipment Port Co Ltd (AGTP), menyusul penambahan modal pada tahun ini.

BMRI: Privatisasi Mandiri dan BNI masuki tahap akhir
Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan Komite Privatisasi melakukan persiapan akhir proses privatisasi saham pemerintah di PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Negara Indonesia Tbk karena sudah mengantongi persetujuan dari DPR.

SMGR: Cairkan Pinjaman Rp3 Triliun
PT Semen Gresik Tbk (SMGR) akan mencairkan pinjaman bank sekitar Rp2,5-3 triliun untuk membiayai belanja modal (capex) tahun ini. SMGR mengalokasikan capex tahun ini senilai Rp3-4 triliun. Dana capex akan digunakan untuk mengoptimalkan produksi 3 pabrik utama di Gresik, Padang, dan Tonasa.

TRUB: Truba Jaya Terhindar dari Gagal Bayar
PT Truba Jaya Engineering, anak usaha PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk (TRUB), terhindar dari gagal bayar obligasi setelah menyetorkan dana pelunasan obligasi ke rekening wali amanat perseroan.

ADHI: Incar Kontrak Rp7,8 Triliun
PT Adhi Karya Tbk (ADHI) menargetkan kontrak baru sebesar Rp7,87 triliun pada 2H10. Perseroan telah berhasil meraih kontrak sebesar Rp2 triliun pada 1H10, dari target tahun ini Rp9,87 triliun.

PDES: Pendapatan Naik 30%
Pendapatan PT Destinasi Tirta Nusantara Tbk (PDES) pada 1H10 diperkirakan meningkat 20-30% menjadi Rp133,31 miliar. Pada 1H tahun lalu, Destinasi mencatat laba bersih Rp1,25 miliar. Sementara itu, Destinasi masih menyisakan dana hasil IPO sekitar Rp22,8 miliar.

MEGA: Raih DPK Rp34 Triliun
PT Bank Mega Tbk meraih dana pihak ketiga (DPK) sekitar Rp34 triliun pada akhir 1H10, naik 7,25% dibanding akhir semester I tahun lalu Rp31,7 triliun. Dari total target DPK tahun ini Rp39,8 triliun, sebanyak 44,7% (Rp17,79 triliun) berbentuk deposito, 31,8% (Rp12,65 triliun) tabungan, dan sisanya 23,5% (Rp9,35 triliun) giro.

ENRG: Incar Kenaikan Produksi 45 persen
PT Energi Mega Persada Tbk mengincar kenaikan produksi dari dua blok migasnya yakni Kangean, Jawa Timur, dan Bentu, Riau.

BIPI: Laba Benakat 20 Miliar Rupiah
Perusahaan energi terintegrasi, PT Benakat Petroleum Energy Tbk (Benakat), membidik laba bersih pada kuartal II tahun ini 20 miliar rupiah.

APOL: Bayar Kupon Obligasi Dollar AS
PT Arpeni Pratama Ocean Line Tbk telah melunasi kupon obligasi dollar AS yang sudah jatuh tempo senilai 12,4 juta dollar AS atau sekitar 115 miliar rupiah pada Juni lalu.

CPRO: Revitalisasi Tambak Butuh Rp106 Miliar
Program revitalisasi tambak udang oleh PT Centralproteina Prima Tbk (CP Prima) tetap berlangsung sesuai jadwal.

MDLN: Fokus Garap Cadangan Lahan 455 Ha
PT Modernland Realty Tbk (MDLN) fokus untuk menggarap cadangan lahan perseroan sekitar 455 ha yang berlokasi di Tangerang, Pondok Cabe dan Pulogadung. Sepanjang tahun ini, Modernland tidak mengembangkan proyek baru.

IPO: Ocado Akan IPO Senilai US$ 1,5 Miliar
Toko online terbesar di Inggris, Ocado, berencana melakukan penawaran umum saham perdana (IPO) di bursa London, Inggris. Menurut sumber Ocado seperti dikutip Reuters Selasa (6/7), dari IPO ini Ocado berharap dapat meraup dana segar sebesar £ 1 miliar atau sekitar US$ 1,5 miliar.

IPO: IPO Bukit Uluwatu Oversubscribed 1,3 Kali
PT Bukit Uluwatu Villa mencatatkan kelebihan permintaan saham terkait dengan IPO sebesar 1,3 kali dari jumlah yang dilepas. Direktur Bukit Uluwatu John D. Rasjad menuturkan respons pasar selama masa penawaran cukup positif.

Investor Asing BUMI Turun 5,78%

Jumlah pemodal asing yang memiliki saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mengalami penurunan sebesar 5,78 persen atau setara 68 orang investor menjadi 1.107 per Juni 2010, jika dibandingkan data per Desember 2009 yang mencapai 1.175.

Penjualan CTRA Naik 100%
Kondisi ekonomi yang semakin baik membawa berkah bagi emiten sektor properti. Buktinya, penjualan PT Ciputra Development Tbk (CTRA) selama semester I tahun ini meroket. "Penjualan kami naik sebesar 100%," kata Direktur Ciputra Development Harun Hajadi kepada KONTAN, Senin (5/7).

BHIT Tidak akan Lepas Saham CMNP
PT Bhakti Investama Tbk (BHIT) tidak akan melepas kepemilikan sahamnya di PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP). Manajemen BHIT menegaskan hal ini menyusul kabar di pasar bahwa setelah berhasil mengambil alih TPI, Siti Hardiyanti Rukmana atau Mbak Tutut akan mengambil alih saham BHIT di CMNP.

Hari ini TLKM Listing Obligasi
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM/Telkom) mencatatkan obligasi II Telkom Seri A dan B di BEI pada Rabu (7/7) ini.

PT Pelat Merah Nusantara atau Latinusa Tbk (NIKL) diisukan akan dikerek menuju Rp400-450 dalam waktu dekat. Metal One Corporation dikabarkan berniat menambahkan kepemilikannya menjadi 20% di harga Rp400 melalui skema placement. Hal ini didorong ekspentasi bisnis Perseroan yang menjanjikan banyaknya permintaan pelat timah oleh industri.

PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) akan resmi memiliki PT Domba Mas pada Kamis (8/7) ini. Credit Suisse Firts Boston sebagai arranger juga telah berhasil menggandeng Grup Guthrie asal Malaysia masuk ke dalam proses pendanaannya. Nantinya, Grup Guthrie memiliki 10% shaam UNSP.

Bumi Mineral Lepas 16,2% Saham, IPO Kembali Marak
Penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham bakal kembali marak pada semester II-2010.

Sumber: Inilah.com, kontan, okezone, detikfinance (market flash), investorindonesia, bisnis, bursarumor

Indonesian Stocks May Extend Best Gain in Top 10 Asian Markets
(Bloomberg) -- Indonesian stocks will extend the best performance among Asia’s 10 biggest markets this year after the central bank kept interest rates at a record low this week to boost growth, according to the nation’s No. 2 fund. http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=a0dVuhcZnE6g

Asian Stocks Fall, Yen Gains on U.S. Service Industries Report
(Bloomberg) -- Asian stocks fell for the first time in three days, U.S. stock futures dropped and the yen gained after American service industries expanded at a slower pace than expected, adding to concern the global recovery will weaken.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=20601087&sid=av7JZp.u1f9I&pos=1


Dow Could Hit 1,000: Elliot Wave's Prechter
Longtime technical analyst Robert Prechter said Tuesday he expects that the US economy will sink into a deflationary depression and stocks will plunge.
http://www.cnbc.com/id/38114025

Dow Repeats Great Depression Pattern:
The Dow Jones Industrial Average is repeating a pattern that appeared just before markets fell during the Great Depression, Daryl Guppy, CEO at Guppytraders.com, told CNBC Monday.
http://www.cnbc.com/id/38092759

Global Stocks to Sink as Debt Stunts Recovery, Says First State
(Bloomberg) -- Global stocks may tumble to post- credit-crisis lows as excessive corporate and government debt stifles a stimulus-led economic recovery, said Alistair Thompson, a fund manager at First State Investments.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aQsBSeSc1S_U
Investors Fear Rising Risk of US Regional Defaults
Investors are worried that the risk of default for US local governments is growing, amid signs that some regions are facing the same type of difficulty in curbing pension and budget deficits as some eurozone countries .
http://www.cnbc.com/id/38106756

Europe to Outline Bank Test Methods on Wednesday
European bank regulators will seek to safeguard the credibility of health checks on top banks by showing how the tests are done, to allay investors' fears of political meddling.
http://www.cnbc.com/id/38119322

China’s AgriBank Said to Raise $19.2 Billion in IPO (Update3)
(Bloomberg) -- Agricultural Bank of China Ltd. is raising at least $19.2 billion in what may become the world’s biggest initial public offering, according to people with knowledge of the pricing for Hong Kong and Shanghai.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=20601087&sid=aTM3T7y8CHw0&pos=2

Commodities May Extend Drop on ‘Open Gap’: Technical Analysis
(Bloomberg) -- Commodities may extend the worst slump since 2008 this quarter after an advance in June proved short-lived, Barclays Capital said, citing trading patterns.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aBabq6_GjzUQ

Bartels Drops Bullish Forecast, Sees Losses: Technical Analysis
(Bloomberg) -- Mary Ann Bartels, the Bank of America Corp. analyst who had forecast the Standard & Poor’s 500 Index to rise to 1,300 this year, reversed her bullish call and said stocks may extend their biggest decline since the rally began.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=ao9HKuBA.ybo

Treasury 10-Year at 2.98% Is Bear Signal: Technical Analysis
(Bloomberg) -- A close for 10-year Treasury note yields between 2.98 percent and 3.02 percent would signal the yield may be near a bottom, according to FTN Financial.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=af3sfDbceMSU

Palm Oil Gains for First Time in Four Days on Crude Oil Rally
(Bloomberg) -- Palm oil gained for the first time in four days after crude oil reversed losses, increasing the appeal of the tropical commodity for use in bio-diesel.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=a9p6n7AWcA.A

Oil Steady as U.S. Equities Pare Gains, Obama, Netanyahu Meet
(Bloomberg) -- Crude oil was little changed at a four-week low as equities trimmed increases and President Barack Obama said he believes Israeli Prime Minister Benjamin Netanyahu will take “risks for peace” with the Palestinians.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aYiWffMPtlZs

Crude Is Poised to Test New Lows This Year: Technical Analysis
(Bloomberg) -- Crude oil is poised to resume its decline and test new lows for the year in the weeks ahead, according to a technical analysis by Barclays Capital.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aM_3joWXkyGM

Halftime Pt. 1: Tuesday's Gains, New
Stocks traded higher broadly on Tuesday after record chip sales, optimism out of Europe and the biggest IPO on record gave the bulls a reason to run.
http://www.cnbc.com/id/38106897

S&P to Hit 1500: Stock Picker
US stock markets rebounded Tuesday, with technology and financial stocks leading. And James Altucher, managing director at Formula Capital, told CNBC that the S&P 500 is headed toward 1500.
http://www.cnbc.com/id/38105326

We're in a Double Dip Right Now: Whalen
If you look at what’s going on in the real US economy versus the public sector, the picture is pretty grim, according to Chris Whalen, managing director of Institutional Risk Analytics.
http://www.cnbc.com/id/38106456

Gold May Weaken to $1,160, Then $1,309: Charts
The debate over where gold prices are headed has been a active one, with the bulls maintaining that fears of a slowing global economy will keep demand for the safe-haven investment strong; while the bears argue that the current price of gold, which has limited industrial use, is unsustainable in the long term.
http://www.cnbc.com/id/38100485

No comments:

Post a Comment

Kalender Ekonomi & Event


Live Economic Calendar Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal