Friday, December 4, 2009

Laporan Fundamental & Rumor Saham Indonesia 04-12

Research Nomura Sec: Buy BBRI target Rp 8.300

Research NISP Sec: Buy BUMI target Rp 3.500

Research Mandiri Sec: Buy BUMI target Rp 2.100

Truba Dapat Proyek Baru
PT TRUBA Alam Manunggal Engineering Tbk (TRUB) disebut-sebut oleh pelaku pasar mendapatkan proyek baru dari PLN yang nilainya cukup besar, menyusul krisis listrik belakangan ini. Menurut sumber Investor Daily, momentum itu akan dimanfaatkan oleh sejumlah broker untuk mengakumulasi kembali TRUB. Harga TRUB berpotensi mencapai level Rp 175 dalam jangka pendek.Keberhasilan perseroan meraih proyek Paiton Unit 3 dari Taeihei Dengyo Kaisha Ltd (Jepang), yang kontraknya dimulai pada November 2009-2011 juga bakal berdampak positif. Pada perdagangan kemarin, TRUB ditutup menguat Rp 6 (4,5%) ke posisi Rp 138.

Cermati Saham Mitra Investindo
HARGA saham PT Mitra Investindo Tbk (MITI) berpeluang menuju level Rp 100 dalam jangka pendek maupun menengah. Menurut sumber Investor Daily, perseroan segera merealisasikan perubahan bisnis inti dari batu granit ke pertambangan batubara. Bahkan, sejumlah pelaku pasar menyebut-nyebut perseroan bakal mendapat dana segar dari investor asing. Pada perdagangan kemarin, MITI ditutup naik Rp 7 (12,7%) ke level Rp 62.

Waduh! IHSG Dibuka Turun 10,4 Poin
Pergerakan IHSG pada perdagangan Jumat (4/12) dibuka turun 10,4 poin (0,42%) di level 2.489,64 karena indeks Wall Street yang turun. Mayoritas indeks saham regional dan Wall Street terkoreksi, mendorong IHSG terkoreksi di awal pembukaan. Indeks Nikkei 225 berhasil melawan trend, melanjutkan penguatan untuk hari ke-4 di 10.029 +27.33. Pasar masih menanti data tenaga kerja AS (prediksi payroll -120K, unemployment 10,2%) malam ini.

Aliran dana asing ke instrumen Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Surat Utang Negara (SUN) kian meningkat. BI menyebutkan aliran dana asing yang masuk ke instrumen Surat Utang Negara (SUN) dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) pada dalam periode Januari-November 2009 mencapai US$ 1,72 miliar.Tingginya dana-dana asing di SBI dan SUN itu mulai menimbulkan wacana soal pembatasan kepemilikan asing. Namun pemerintah dan Bank Indonesia diingatkan untuk tidak gegabah melakukan pembatasan kepemilikan asing di SBI dan SUN.

Pada perdagangan Jumat (4/12/2009), rupiah dibuka melemah tipis ke 9.432 per dolar AS, dibandingkan penutupan kemarin di level 9.425 per dolar AS.Di pasar global, dolar AS bergerak variatif menjelang keluarnya data tenaga kerja AS.Euro stabil di 1,5045 dolar, dibandingkan sebelumnya di 1,5044 dolar. Namun dolar AS menguat atas yen ke posisi 88,30 yen, dibandingkan sebelumnya di 87,40 yen.Euro kehilangan daya setelah Bank Sentral Eropa (ECB) mempertahankan suku bunga rendahnya di 1 persen dan Gubernur ECB Jean-Claude Trichet mengatakan pinjaman tak terbatas berjangka 12 bulan akan berakhir pada 16 Desember.

PENJUALAN ADARO DITARGETKAN RP 28,8 TRILIUN, Bumi Negosiasi Dengan Recapital AdVisor
PT Bumi Resources Tbk (BUMI) sedang bernegosiasi dengan Recapital Advisor untuk investasi sektor batubara. Perusahaan juga membuka kemungkinan untuk mengakuisisi sejumlah perusahaan sepanjang 2010. PT Bumi Resources Tbk (BUMI) beserta anak usahanya menyiapkan dana investasi organik sebesar US$ 2,261 miliar. Dengan investasi ini, BUMI menargetkan peningkatan EBITDA sebesar US$ 2,2 miliar per tahun. Demikian dijelaskan pada paparan dalam acara Investor Summit di Ritz Carlton Pacific Place, SCBD, Jakarta, Kamis (3/12/2009) malam.

Semen Gresik Incar Kenaikan Produksi 6%
PT Semen Gresik Tbk (SMGR) mematok target pertumbuhan penjualan semen tahun depan sekitar 5,5-6% menjadi 20 juta ton. Target pertumbuhan semen perseroan sama dengan proyeksi industri.

Unilever Biayai Capex dari Kas Internal
PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) akan menggunakan dana kas internal untuk mendanai belanja modal (capital expenditure/capex) tahun depan sekitar Rp 400-600 miliar.

Taisho Tender Offer Dengan Bristol
Taisho Pharmaceutical Co,Ltd melakukan tender offer dengan PT Bristol-Myers Squibb Indonesia dengan harga Rp144.790.

Polysindo Ubah Nama Jadi Asia Pacifik Fibers
PT Polysindo Eka Perkasa Tbk (POLY) berubah nama menjadi PT Asia Pacific Fibers Tbk mulai 2 Desember kemarin.

Target Price Resources Alam Indonesia di Rp2.500
Berdasarkan analisis Pefindo, target price saham PT Resources Alam Indonesia Tbk (KKGI) di harga Rp2.100-2.500 per saham.

Commercial Paper Harus Diawasi
Bank Indonesia (BI) meminta Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) bersedia mengawasi pasar uang atau surat berharga komersial (commercial paper/CP).

AKAN BUYBACK OBLIGASI DOLAR AS, Indosat Siapkan Capex Rp 5,5 T
PT Indosat Tbk (ISAT) mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 5,5 triliun pada 2010, turun dibanding tahun ini sekitar Rp 6 triliun. Sebagian besar dana tersebut akan digunakan untuk membangun infrastruktur perseroan.

Adhi Karya Targetkan Pertumbuhan Laba Bersih 16,7%
PT Adhi Karya Tbk (ADHI) menargetkan laba bersih pada 2010 tumbuh 16,7% menjadi Rp 140 miliar dibanding tahun ini yang diperkirakan mencapai Rp 120 miliar. Sedangkan pendapatan tahun depan diproyeksikan mencapai Rp 8,62 triliun.

Sampoerna Agro Investasi US$ 200 Juta
PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO) menyiapkan investasi sebesar US$ 200 juta dalam lima tahun mendatang.

Medco Siap Lepas 11,72% Saham Treasury
PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) tengah menyiapkan sejumlah opsi untuk melepas 11,72% atau sekitar 390,56 juta unit saham treasury dari total 3,3 miliar unit saham perseroan. Opsi itu meliputi emisi obligasi konversi, menjual saham langsung, atau menjaminkan saham untuk mendapatkan pinjaman.

JAJAKI KERJASAMA MEDCO E&P, PGN Akan Bangun Stasiun Penerima LNG
PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) akan membangun dua unit stasiun penerima gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) pada 2010. Dana pembangunan berasal dari belanja modal (capital expenditure/capex) tahun depan.

Jasa Marga Akan Akuisisi Tol Rp 7 Triliun
PT Jasa Marga Tbk (JSMR) ingin mencaplok sekitar dua proyek jalan tol yang pembangunannya mangkrak gara-gara terhambat pembebasan lahan.

Tak Akuisisi, Capex 2010 UNVR Hanya Rp 600 Miliar
PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) hanya menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 600 miliar pada tahun depan.

Menanti Buah Ekspansi ke China
Grup Ciputra terus memperluas jejaring bisnisnya ke mancanegara. PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berniat meluncurkan proyek patungan di China.

APOL Lunasi Kupon Obligasi Bulan Lalu
PT Arpeni Pratama Ocean Line Tbk (APOL) membayar kupon obligasi anak usahanya yang jatuh tempot bulan lalu.

Economic: Ekonomi Membaik, BI Rate Tetap 6,5%
BI memutuskan BI rate tetap di level 6,5% seiring membaiknya perekonomian serta menilai masih konsisten dengan target inflasi FY10 . BI menilai penurunan BI rate sebanyak 300 bps masih cukup mendorong pemulihan ekonomi dan intermediasi perbankan.

Economic: Akhir November, Cadangan Devisa US$65,8 M
BI mencatat cadangan devisa hingga Nov09 sebesar US$65,8 miliar atau 6,5 bulan belanja impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. BI menargetkan dacangan devisa FY10 US$66 miliar atau Rp627 triliun.

Economic : Laju PDB Kuartal IV Diprediksi 4,4%
BI, melalui Laporan Kebijakan Moneter Kuartal IV/2009, memproyeksikan laju ekonomi pada kuartal IV tumbuh 4,4% sehingga pada 2009 melaju 4,3%, menyusul membaiknya kinerja ekspor dan Investasi. Kajian tersebut menyebutkan perbaikan laju ekonomi pada kuartal terakhir tahun ini terutama di sokong oleh ekspor yang membaik.

Economic : The Fed Diminta Siapkan Swap Untuk BI
Panel US-Indonesia Comprehensive Partnership merekomendasikan bank sentral AS untuk menyediakan fasilitas swap senilai US$30 M kepada BI, menyusul rencana pembentukkan Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia pada 2010. Menurut panel itu, pemberian fasilitas swap akan menjadi pengakuan kepada Indonesia karena dianggap telah menerapkan manajemen makroekonomi yang solid, pasar modal yang terbuka dan partisipasi dalam pasar modal internasional.

Automotive: Pasar Mobil November Terpangkas 6%
Realisasi penjualan mobil nasional sepanjang November 2009 terpangkas 6% mom menjadi 49.200 unit dari sebelumnya 52.241 unit. Penurunan penjualan disebabkan lebih pendeknya hari kerja pada bulan November daripada Oktober.

Agri : Harga CPO Bakal Menggeliat
Harga CPO pada 2010 diperkirakan booming dan memberi keuntungan bagi Indonesia, sementara permintaan biodiesel diproyeksikan naik hingga 3,3 juta ton. Kepala Food and Agribussiness Research Advisory (FAR) Rabobank mengatakan permintaan CPO AS terus naik menyusul peningkatan penggunaan biofuel dan substitusi penggunaan minyak trans fatty acid.Tren konsumsi minyak nabati AS melonjak hingga 60% sepanjang periode 2002-2009. Padahal, pada periode 1998-2001, tren konsumsi ini rata-rata hanya 7%per tahun. Pada 2008, konsumsi CPO AS tercatat 1,08 juta ton yang hampir 100% diperoleh dari impor.

FREN: Konversi Utang Capai Rp700 M
Konversi utang menjadi saham baru (debt to equity swap) FREN sebanyak 11 miliar saham mencapai Rp700 miliar dari total utang usaha perseroan Rp840,92 miliar. Harga konversi ini akan berbeda dari konversi sebelumnya Rp65/saham, karena harus berdasarkan perdagangan saham 25 hari terakhir. Saat ini, perseroan tengah meminta persetujuan BEI.

MEDC: Siap Jual 11,72% Saham Treasury di 2010
MEDC tengah mengkaji sejumlah opsi untuk menjual 11,72% atau 390,56 juta unit saham treasury dari total saham perseroan 3,3 miliar saham meliputi emisi obligasi konversi, penjualan saham langsung atau menjaminkan saham guna mengantongi pinjaman. Perseroan menargetkan rencana tersebut terealisasi pada 2010. Perolehan dana untuk membiayai eksplorasi Blok 47.

PGAS: Akan Bangun Stasiun Penerima LNG, Jajaki Kerjasama Medco E&P
2010, PGAS akan membangun stasiun penerima LNG di Belawan, Sumut, dan Teluk Jakarta, Jabar dengan kapasitas masing-masing 1,5 juta ton/tahun. Perseroan enggan memerinci lebih detail rencana tersebut.Pendanaan berasal dari capex FY10. Selanjutnya, perseroan akan bekerjasama dengan PT Medco E&P untuk memasok gas sebanyak 70 juta kaki kubik dalam dua minggu ke depan. Sumber gas berasal dari lapangan Blok Singa di Lematang.

IPO: BTN Patok Harga IPO Rp800 per Saham
PT Bank Tabungan Negara mematok harga penawaran IPO-nya sebesar Rp800/saham.

INKP: Tambah Kapasitas Produksi
INKP tahun depan berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi 5 – 10% dari posisi saat ini yang 4,4 juta ton. Kenaikan produksi itu untuk mengejar target pertumbuhan pendapatan 10 – 15% di 2010. INKP optimistis kinerja perseroan tahun depan bisa lebih tinggi dibanding tahun ini karena permintaan dari pelanggan di Amerika, Eropa, Asia, dan juga dari pasar dalam negeri diperkirakan naik.

Sumber: Investordaily, inilah.com, detik.com & Market Flash, kontan, Bloomberg, Reuters, CNBC
www.strategydesk.co.id
globalmarketstrategist.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Kalender Ekonomi & Event


Live Economic Calendar Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal