Wednesday, June 23, 2010

Update Daily Investment News

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhirnya hanya ditutup turun 9 poin seiring dengan terjadinya pembalikan arah sebagian bursa-bursa regional Asia. Aksi beli selektif di saham-saham unggulan berhasil mengikis laju penurunan IHSG. IHSG dibuka turun tipis ke level 2.933,896 dan sempat melemah tajam ke level 2.899,266, turun 35 poin dari penutupan kemarin di level 2.934,589. Transaksi investor asing pun didominasi aksi jual sebesar Rp 1,090 triliun, sedangkan transaksi beli asing sebesar Rp 933,629 miliar. Nilai penjualan bersih asing (foreign net sell) tercatat sebesar Rp 156,514 miliar.

Bursa Asia Rontok Imbas Jebloknya Perumahan AS
Bursa Asia pada akhir perdagangan Rabu (23/6) mencatatkan penurunan terbesarnya dalam dua pekan terakhir. Penurunan penjualan rumah AS menjadi katalisnya.

29 Juli, GGRM Bagi Dividen Rp650 per Saham
PT Gudang Garam Tbk (GGRM) akan membagikan dividen tunai untuk tutup tahun 2009 sebesar Rp6540 per saham atau setara Rp1,250 triliun pada 29 Juli 2010

6 Agustus, FORU Bagi Dividen Rp1,86 Miliar
Hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Fortune Indonesia Tbk (FORU) memutuskan menyetujui pembagian dividem sebesar Rp4 per lembar saham dengan total Rp1,86 miliar.

Bakrieland Bangun Tol Ciawi-Lido di Q2 2011
PT Bakrieland Development Tbk akan membangun jalan tol Ciawi-Lido sepanjang 12 km pada kuartal kedua 2011 dengan nilai investasi diperkirakan sebesar Rp1,4 triliun.

PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) menggandeng financial investor asing dalam pengembangan proyek Bukit Jonggol Asri (BJA).

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) berniat untuk memperbesar nilai sekuritisasi aset melalui skema Efek Baragun Aset (EBA) menjadi Rp 1 triliun tahun 2011 nanti. Tahun ini, bank pelat merah itu akan melakukan sekuritisasi aset sebanyak Rp 750 miliar.

PT Benakat Petroleum Energy Tbk (BIPI) sedang menghadapi utang sebesar Rp 894,816 miliar yang akan jatuh tempo pada September 2010. Utang tersebut merupakan utang yang digunakan untuk mengakuisisi saham PT Elnusa Tbk (ELSA).

Broker PT Danatama Makmur (II) berpeluang menjadi pemilik 48,43% saham PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) jika pemegang saham lainnya tidak mengeksekusi haknya dalam rights issue yang akan digelar pada Juli 2010 senilai Rp 3,193 triliun.

Banking: Perubahan bunga belum berdampak ke PUAB

Economic: Utang Luar Negeri Nganggur US$ 45,1 Juta
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencatat, hingga Mei 2010, potensi utang luar negeri yang tidak digunakan (potential loan surplus) sebesar US$ 45,1 juta dari total pinjaman yang mencapai US$ 20,5 miliar.

Banking: BI: Bunga Deposito Bank Naik
Bank Indonesia (BI) mencatat sampai dengan pekan ketiga bulan Juni 2010 suku bunga kredit perbankan terus menunjukkan penurunan.

Agri: Sawit RI Dapat Dispensasi Dari Uni Eropa
Pihak Uni Eropa telah mengeluarkan daftar produk sawit dari katagori zat kimia berbahaya yang diatur dalam ketentuan Registration, Evaluation, Authorization, and Restriction of Chemicals (REACH).

Economic: Pemerintah Jual Obligasi Negara Rp6,73 Triliun
Pemerintah menjual obligasi negara atau surat utang negara (SUN) senilai Rp6,73 triliun melalui lelang Selasa dengan total penawaran yang masuk mencapai Rp22,52 triliun.

Corporate news
SIPD: Ekspansi Usaha, Siapkan Duit Rp 605 miliar
PT Sierad Produce Tbk (SIPD) mengalokasikan dana sebesar Rp 605 miliar untuk biaya pengembangan bisnis. Rencananya, perusahaan peternakan ini akan membangun tempat peternakan dan penetasan (breeding farm and hatchery), rumah potong dan commercial farm dan 50 outlet Belmart.

BKSL: Beli 135 Juta Saham Baru Bukit Jonggol
PT Sentul City Tbk (BKSL) berniat memborong saham baru PT Bukit Jonggol Asri. Tujuan pembelian ini untuk mempertahankan kepemilikan sahamnya di perusahaan properti itu. Sentul City sejatinya menguasai 88,54% saham Bukit Jonggol.

WOMF: 14,80% Saham Dilego Rp 91,906 Miliar
Broker PT UOB Kay Hian Securities (AI) telah memfasilitasi transaksi pembelian 14,80% saham PT WOM Finance Tbk (WOMF) di pasar negosiasi senilai Rp 91,906 miliar. Harga transaksi dilakukan antara Rp 300-340 per saham. UOB Kay Hian melakukan pembelian dari broker PT JP Morgan Securities Indonesia (BK) sebanyak 2 kali.

BMRI: Mandiri kaji target pertumbuhan kredit
PT Bank Mandiri Tbk akan mengkaji target kenaikan kredit dari rencana bisnis tahun ini yang semula diproyeksikan tumbuh sekitar 18%-20% menyusul tren pasar kredit semakin meningkat.

BABP: Kuartal I 2010, Cetak Laba Rp 11,5 Miliar
Bank ICB Bumiputera mencetak laba sebelum pajak sebesar Rp 11,5 miliar pada kuartal pertama 2010. Angka ini naik 1,77% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 11,3 miliar.

PBRX: Capex USD1,5 Juta-USD2 Juta
PT Pan Brothers Tbk (PBRX) menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) untuk dua tahun mendatang senilai USD1,5 juta sampai USD2 juta. Dana tersebut akan digunakan untuk renovasi dan penambahan kapasitas di salah satu pabriknya di daerah Boyolali.

ISAT: Indosat Siapkan Opsi Pinjaman
PT Indosat Tbk (ISAT) menyiapkan opsi mencari pinjaman guna mengantisipasi kemungkinan batalnya emisi obligasi senilai US$ 500 juta-US$ 750 juta.

GDST: Investasi US$12 Juta
PT Gunawan Dianjaya Steel Tbk (GDST), mengalokasikan dana US$12 juta atau sekitar Rp109,8 miliar untuk meningkatkan kapasitas produksi dari 400 ribu menjadi 540 ribu ton per tahun. Penambahan kapasitas sebesar 35% tersebut dilakukan secara bertahap.

Corporate Action
    * Hari ini (23/6), cum dividen tunai Radiant Utama Interinsco Tbk (RUIS) Rp 12 per saham Ex date (24 Jun 2010)
    * Hari ini (23/6), exercise date warrant Panca Global Securities Tbk (PEGE), Rasio 1(warrant) : 1(new) Rp 125 per lembar.

Benakat Akhirnya Tak Bagi Dividen
Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Benakat Petroleum Energy Tbk (BIPI) memutuskan menyetujui untuk tidak membagikan dividen.

Tertekan, IHSG Sesi I Ditutup Turun 22,58 Poin
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Rabu (23/6) sesi I ditutup turun 22,58 poin (0,77%) ke level 2.912,01 karena imbas negatif bursa global dan regional.

Akuisisi BKSL, ‘Wait and See’ ELTY!
Akuisisi 51% saham PT Bukit Jonggol Asri (BJA) dinilai tidak signifikan kontribusinya bagi pendapatan ELTY. Sebab harga tanah terlalu mahal. Wait and see ELTY!

Merril Lynch: Pasar Saham Naikkan Kekayaan Miliarder 17%
Orang kaya tahun lalu bertambah kaya sebesar 17% dari pasar saham, bahkan ketika dunia mengalami resesi terburuk dalam beberapa dekade.

BUMI Tingkatkan Modal Dasar Jadi Rp38,75 Triliun
Bumi Resources Tbk (BUMI) akan meningkatkan modal dasar menjadi Rp38,75 triliun dari Rp10 triliun. Peningkatan modal menjadi salah satu agenda dalam RUPST pada 24 Juni.

Pelaksanaan penerbitan saham baru tanpa HMETD Bumi Resources Tbk (BUMI) akan dilakukan selambat-lambatnya 30 September 2010.

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) akhirnya membeberkan pihak-pihak yang berpotensi menyerap 10% saham baru yang akan diterbitkan senilai Rp 4,590 triliun, yakni CIC, Credit Suisse, Raiffeisen dan JP Morgan.

  TRAM Peroleh Pinjaman Senilai US$ 35 Juta
TRAM menjaminkan hipotek peringkat pertama atas kapal MT Lentera Bangsa untuk mendapatkan pinjaman ini.

  WIKA Bikin Perusahaan Energi
Tujuan pendirian Wika Intrade Energi ini untuk mengembangkan bisnis konversi energi.

  Proses Delisting AQUA Masih Gelap
Bapepam sudah melayangkan surat ke AQUA untuk memperbaharui dokumen yang diperlukan untuk hajatan itu.

  Bukit Darmo Beli APEX?
Saham BKDP sendiri sejak awal bulan ini sudah naik 47,48% dari Rp 139 per saham (1/6) ke Rp 205 per saham (22/6).

  Investor Kian Agresif Beli Obligasi Negara
Dana asing yang parkir di SUN melonjak hingga 40,44% sejak awal tahun

Total Kredit Capai Rp 186 T. Dua Bulan, Mandiri Salurkan Rp 5 Triliun
Selama April-Mei 2010, PT Bank Mandiri (Persero) mengucurkan kredit baru sebesar Rp 5 triliun. Dengan demikian, total kredit yang tersalurkan hingga Mei lalu mencapai Rp 186 triliun. Bila dikonsolidasikan dengan anak usaha, total kredit bank BUMN itu telah melebihi Rp 207 triliun.

BUMI Siap ‘Follows The Market’
Saham BUMI diprediksi melemah seiring peluang negatif market. Investor harus hati-hati. Beli di bawah level Rp1.900 dan hold jika BUMI bertahan di atas level itu!

WIKA Kucurkan Rp20,682 Miliar ke WIKA Intrade
PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) menempatkan modal dasar sejumlah Rp20,682 miliar untuk WIKA Intrade Energi yang didirikan pada 18 Juni 2010.

UBS Securities Rekomendasi Saham SMRA 'Buy'
UBS Securities merekomendasikan saham PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) buy dengan target harga Rp1.110.

Wall Street Anjlok Dipicu Penjualan Rumah AS
Wall Street kembali anjlok dipicu oleh data penjualan rumah AS yang negatif dan usai pengadilan menghalangi keputusan pemerintah AS yang melarang pengeboran laut.

Sejumlah institusi asing asal Tingkok berminat menguasai mayoritas saham PT Truba Alam Manunggal Enginering Tbk (TRUB) seiring dengan banyaknya proyek perseroan. Minat investor negara Tirai Bambu ini ditopang oleh salah satu direksi perseroan yang berasal dari negara tersebut. Proyeksi laporan keuangan perseoran yang bakal dirilis positif dalam waktu dekat ini dikaitkan dengan penguatan harga sahamnya.

Saham PT Garda Tujuh Buana Tbki (GTBO) akan ditarik bandar untuk jangka pendek ke level Rp150 atau 30% dari harga penawaran umum perdana atau IPO. Hal itu kabarnya dipicu rencana Grup Rajawali yang akan terjun dalam bisnis batubara di perseroan. Rumor tersebut sudah tersebar di kalangan pasar modal yang menyebutkan Rajawali berhasrat untuk mengakuisisi saham perseroan.

Sumber: inilah.com, detikfinance,com (market flash), kontan, investorindonesia

Morgan Stanley Says Indonesia May Act on Capital Flow (Update1)
(Bloomberg) -- Capital inflows pose a bigger risk to Indonesia than inflation, and may prompt the central bank to introduce more measures to reduce short-term money even as it delays interest-rate increases, Morgan Stanley said.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=agv5ZJS3IrLg

Asia’s Millionaires Match Europe’s, Merrill Says (Update1)
(Bloomberg) -- Asia-Pacific’s number of millionaires equaled Europe’s for the first time last year as the region powered the global economy’s recovery, according to a report by Capgemini SA and Merrill Lynch & Co.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=auBwbjYaGrTU

Bumi in Talks With CIC, Credit Suisse on Share Sale (Update2)
(Bloomberg) -- PT Bumi Resources, Indonesia’s biggest coal producer, is in talks with creditors including China Investment Corp., Credit Suisse AG, JPMorgan Chase Bank NA, on a plan to sell $495.9 million of shares to help repay debt.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aURYcKO0jCMw

Is S&P About To Retest 1040 Support?
Stocks [.SPX  1095.31    -17.89  (-1.61%)   ]fell in yet another late-day selloff on Tuesday after unexpectedly poor housing figures sent jittery investors running for the exits.
http://www.cnbc.com/id/37838861

Shanghai Index to Fall to 2,300 & 'Rapidly' Rebound: Charts
China's stock markets are known for their volatility and not for the faint-hearted investors.
http://www.cnbc.com/id/37865369

Market Will 'Feel' Like a Double-Dip—But It's Only Volatility
There won’t be a double dip although markets will continue to stay volatile, said Matt McCormick, banking analyst and portfolio manager at Bahl & Gaynor Investment Counsel.
http://www.cnbc.com/id/37847491

Banks to See Uptick in M&A—Buy These Now: Analyst
Merger and acquisition activity in the banking sector has not been robust with financial regulation changes still on the table, but the landscape could change very soon, said Craig Siegenthaler, analyst at Credit Suisse. 
http://www.cnbc.com/id/37784484

Korean Won May Rise 3.7% on ‘Double Bottom’: Technical Analysis
(Bloomberg) -- South Korea’s won may climb 3.7 percent by the end of next week after the currency completed a “double bottom” against the greenback, according to Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities Co.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=a5LtOS5uPVEE

Japan Spreads to Hit Year Low on Kan, Floor: Technical Analysis
(Bloomberg) -- The yield spread on longer-term Japanese debt may narrow to a year low after the government’s pledge to reduce borrowing helped send 10-year rates below the key 1.2 percent level, Mizuho Investors Securities Co. said, citing trading patterns.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aLCbpkx11XX8

Gold May Advance to $1,500 by End of Year: Technical Analysis
(Bloomberg) -- Gold will climb to a record $1,300 an ounce in the coming weeks as investors sell the dollar, and may advance to $1,500 by the end of 2010, according to a technical analysis by Credit Suisse Group AG.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aYJUlhHeTMew

S&P 500 Losing 50% Recovery Signals Caution in Charts (Update3)
(Bloomberg) -- Traders who base day-to-day decisions about whether to buy stocks on chart patterns say yesterday’s decline in the Standard & Poor’s 500 Index may signal additional losses this week.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aPPCY36J4H6k

FTSE Futures Rally May Pause at Resistance: Technical Analysis
(Bloomberg) -- The rally in FTSE 100 Index futures expiring in September, which have risen for eight of the past nine days, may stall as the contract reaches a resistance level around 5,297, according to Credit Suisse Group AG.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=acpTNGlIYt9c

Euro Heads for $1.2215 on Bearish Engulfing: Technical Analysis
(Bloomberg) -- The euro is poised to fall to a one- week low of $1.2215 in the next two days after a “bearish engulfing” overwhelmed traders who had been buying the 16- nation currency, according to Barclays Plc.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aJpsGkhDpiVQ

Copper Must Exceed $6,935 to Extend Gains: Technical Analysis
(Bloomberg) -- Copper must climb above $6,935 a metric ton to extend gains, according to technical analysis by Barclays Capital. 
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=asHDJo63ecj0

‘Overpriced’ Coffee Options Poised to Fall: Technical Analysis
(Bloomberg) -- Coffee traders should sell “grossly overpriced” options on New York futures to take advantage of a recent rally, said James Cordier, a portfolio manager at OptionSellers.com in Tampa, Florida.
http://noir.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aqi9eaNWIn48

No comments:

Post a Comment

Kalender Ekonomi & Event


Live Economic Calendar Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal