Thursday, August 13, 2009

Laporan Fundamental & Rumor Emiten 13-08-2009

Research Morgan Stanley : PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) Overweight target Rp 23,500.

Bakrie & Brothers Roadshow
PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) dikabarkan berencana menggelar roadshow ke mancanegara untuk menjaring sejumlah investor strategis. Sumber Investor Daily mengungkapkan, momentum itu akan dipakai untuk mengangkat harga BNBR menuju level Rp 150-200 dalam jangka pendek maupun menengah. Selain itu, kata dia, penerbitan obligasi konversi dan ekspansi anak usaha perseroan dengan membangunan pembangkit listrik juga bakal mendorong penguatan harga BNBR. Pada perdagangan kemarin, BNBR ditutup terkoreksi Rp 5 (3,68%) ke level Rp 131.

Cermati Saham Clipan Finance
HARGA saham PT Clipan Finance Indonesia Tbk (CFIN) berpotensi menembus Rp 300 dalam waktu dekat. Menurut sumber Investor Daily, aksi perseroan mengembangkan usahanya ke sektor pembiayaan pertambangan batubara siap mendongkrak harga CFIN. Apalagi, kata dia, perseroan telah memiliki kantor cabang di Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Pada perdagangan kemarin, CFIN ditutup stagnan di posisi Rp 200.

Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) tetap memperjuangkan agar saham 14% divestasi PT NNT jatuh ke Pemda. Walaupun Menkeu memutuskan sebagai gabungan antara pemerintah pusat dengan Pemda NTB.

The Fed pertahankan suku bunga 0.0% - 0.25% kemarin, akan meninggalkan strategy pembelian mortgage US$ 300 miliar di bulan Oktober.

Rupiah Menguat Lagi
Pada perdagangan Kamis (13/8/2009), rupiah dibuka menguat lagi ke 9.960 per dolar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya di level 9.995 per dolar AS.

FREN: Sinar Mas & FREN Jajaki Merger, Akuisisi
Perusahaan telepon Grup Sinar Mas, Smart Telecom disinyalir tengah menjajaki merger atau akuisisi dengan FREN dan Dirut FREN pun membenarkan berita tersebut. Selain Sinar Mas, BTEL pun dikabarkan tengah menjajaki konsolidasi dengan FREN.

Biaya Eksplorasi BUMI Capai US$1,566 Juta
Perusahaan tambang batubara Bumi Resources Tbk (BUMI) telah menelan biaya eksplorasi anak usahanya mencapai US$1,566 juta sepanjang Juli 2009.

Antam Telan Biaya Eksplorasi Rp6,8 M
PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) telah menelan biaya eksplorasi mencapai Rp6,8 miliar pada Juli 2009.

Lippo Targetkan Kemang Village Rampung Tahun Depan
Kemang Village memiliki total luas lahan sebesar 12 hektare.

IHSG: Koleksi Consumer Goods & Ritel
Pada perdagangan Kamis (13/8), investor berpeluang memburu saham berbasis konsumsi, terkait prospek yang cerah pada semester kedua. Pilihannya adalah UNVR, INDF, MYOR, dan RALS. Sedangkan saham perbankan pilihan adalah BBRI.

Harga SUN Sudah Menarik Lagi
Sejak memasuki Agustus 2009, harga Surat Utang Negara cenderung merosot. Sentimen negatif dari pasar modal regional dan global menjadi pemicunya.

Kinerja Gajah Tunggal Mulai Menderu
Saham PT Gajah Tunggal (GJTL) mendapat rekomendasi positif. Hal ini terdorong membaiknya kinerja perseroan pada semester pertama 2009, ditunjang laba kurs yang besar pada kuartal kedua.

Ayo! Koleksi INDF, ITMG, UNVR, PGAS, BUMI
Aksi profit taking oleh investor pada perdagangan Rabu (12/8) diperkirakan akan melanjutkan aksinya besok (13/8) lantaran indeks di lantai bursa harus koreksi terlebih dahulu.

Menkeu Pede Investasi Membaik Semester II-2009

Nilai Proyek WIKA di Aljazair Naik Jadi Rp 800 Miliar

Bank Mandiri Ambisi Kuasai 30% Pangsa Pasar
Pada tahun ini, kredit Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan tumbuh 10% di bawah target BMRI sebesar 15%. Hal ini menjadi momentum kenaikan harga saham Mandiri. Hal ini diprediksi analis Bahana Securities, Teguh Hartanto dalam risetnya Kamis (13/8). Seiring dengan pertumbuhan kredit, laba pun diperdiksi akan tumbuh 9% menjadi Rp6,2 triliun. "Target harga Bank Mandiri Rp4.600 dan kami merekomendasikan beli," katanya.

NAB Reksa Dana Capai Rp 101,6 T
Nilai aktiva bersih (NAB) reksa dana hingga 7 Agustus 2009 mencapai Rp 101,68 triliun atau naik 34,1% dibandingkan awal Januari 2009 sebesar Rp 75,82 triliun. Namun, total NAB itu turun dari posisi akhir Juli 2009 senilai Rp 103,66 triliun.

Kuartal IV, Indosat Terbitkan Obligasi
PT Indosat Tbk (ISAT) berencana menerbitkan obligasi pada kuartal IV-2009. Penerbitan surat utang itu untuk membiayai obligasi yang jatuh tempo (refinancing) dan kebutuhan belanja modal (capital expenditure/capex) pada 2010.

Asing Masih Dominasi Pasar Saham
Investor asing menguasai 66% saham atau setara Rp 696,65 triliun di Bursa Efek Indonesia (BEI). Adapun kepemilikan pemodal asing pada obligasi dan sukuk korporasi mencapai 3% (Rp 2,58 triliun).

BNBR: Kepemilikan Saham di BUMI Merosot Drastis
Berdasarkan data PT Ficomindo Buana Registar, biro administrasi efek (BAE), BNBR sudah tak lagi menjadi pemegang saham BUMI di atas 5%. Padahal, per Maret09 BNBR masih memiliki 13,67% atau 2,588 miliar saham BUMI . Belum diketahui berapa besar kepemilikan BNBR atas BUMI saat ini, namun investor individu yang miliki saham BUMI tercatat 35.366 investor. Comment: Tidak ada negative issue dari perubahan pencatatan kepemilikan, karena Bakrie memang mengadaikan rata-rata saham BUMI tersebut kepada pihak pemberi pinjaman sehingga saham tersebut berada pasa katodi atau tidak dalam hak BNBR. Saran saya untuk buy on weakness untuk BNBR

BELI KAPAL TANKER US$ 15 JUTA, Trada Maritime Menangi Tender Rp 346 M
PT Trada Maritime Tbk (TRAM) membeli kapal tanker minyak seharga US$ 15 juta atau sekitar Rp 150 miliar, menyusul dimenanginya tender kontrak pengangkutan minyak mentah senilai Rp 346 miliar oleh perseroan.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI ) akan melepaskan 3% sahamnya ke investor privat (green Shoe). Pelepasan 3 % saham BNI ini akan dilakukan dalam waktu yang tidak lama lagi.

Matahari Targetkan Pendapatan Naik 20%
Ekspansi MPPA tak akan segencar tahun lalu.

Sumber: Inilah.com, Kontan.co.id, Detik.com, Bloomberg, Reuters.
www.strategydesk.co.id

No comments:

Post a Comment

Kalender Ekonomi & Event


Live Economic Calendar Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal