Friday, August 14, 2009

Laporan Fundamental & Rumor Emiten 14-08-2009

Research Kim Eng: Hold PTBA target Rp 13,500.

Research JP MOrgan: Overweight ANTM target Rp 3,200.

Saham Barito Menuju Rp 2.000
HARGA saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT) berpotensi menguat menuju level Rp 2.000 dalam waktu dekat. Sumber Investor Daily mengungkapkan, ekspansi anak usaha dengan membangun dua pabrik baru dan realisasi kepemilikan saham mayoritas di Star Energy akan menjadi momentum kenaikan harga BRPT.Selain itu, kata dia, proyeksi kinerja perseroan yang akan kinclong akhir tahun ini juga bakal berdampak positif. Pada perdagangan kemarin, BRPT ditutup menguat Rp 110 (7,97%) ke posisi Rp 1.490.

Akumulasi Saham Mitra Rajasa
HARGA saham PT Mitra Rajasa Tbk (MIRA) berpeluang menuju level Rp 900 dalam waktu dekat. Menurut sumber Investor Daily, kabar yang beredar di pasar menyebutkan bahwa perseroan ikut bergabung dalam konsorsium pembelian tambang batubara milik BHP di Maruwai, Kalteng.Selain itu, perseroan juga tengah due diligence atas dua kuasa pertambangan (KP). Pada perdagangan kemarin, MIRA ditutup naik Rp 10 (1,85%) ke level Rp 550.

Asing Mulai Menarik Dananya Keluar Dari Pasar Modal Indonesia
Investor asing mulai menarik dananya dari pasar modal Indonesia, baik saham maupun obligasi. Namun, jumlah dana yang keluar tidak terlalu besar. Berdasarkan data yang dirilis Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang, Departemen Keuangan, sejak akhir pekan lalu kepemilikan asing di Surat Utang Negara (SUN) turun sedikit demi sedikit. Per 11 Agustus 2009, nilai kepemilikan asing di SUN mencapai Rp 90,77 triliun. Angka ini turun tipis 0,88% dibandingkan posisi akhir Juli 2009, sebesar Rp 91,58 triliun.

Sementara itu, Bloomberg mendata asing mencatat posisi jual bersih (nett sell) US$ 31,45 juta atau Rp 312,93 miliar selama dua hari berturut-turut pada pekan ini. Rinciannya, US$ 1,35 juta pada Selasa (11/8) dan US$ 30,1 juta pada Rabu (12/8).

Namun kemarin, asing juga sudah kembali masuk ke pasar saham Indonesia. Terbukti, asing mencatat beli bersih (nett buy) walaupun mungil, yakni US$ 8,1 juta. Merujuk data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per 12 Agustus 2009, kepemilikan asing di saham sudah mencapai Rp 714,19 triliun. Pada akhir Juli 2009, posisi asing masih Rp 696,64 triliun.

Bakrie dan Menkeu Berebut Saham Newmont
Tarik ulur pembelian saham PT Newmont Nusa Tenggara makin alot. Padahal, batas waktu pembelian saham itu adalah hari ini (14/8).

Ayo! Beli WIKA, SGRO, AALI, UNSP, BTEL & BUMI
Pergerakan IHSG berada di kisaran 2.305 - 2.430 dengan saham pilihan WIKA, SGRO, AALI, UNSP, BTEL dan BUMI. IHSG Pada perdagangan Jumat (14/8) secara teknikal diperkirakan akan melajutkan penguatan meskipun ada potensi profit taking.

CPO Naik, Beli Saham Sampoerna Agro

Target Harga Lippo Kawaraci Rp840
PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mulai mengerem ekspansi, salah satunya dengan memangkas target pembangunan mal dari 40 mal menjadi 30 mal hingga 2010.

Red Dragon Tuntut Danamon dan New York Mellon US$ 4 Miliar
Empat pemegang saham PT Central Proteinaprima Tbk (CPRO) menyatakan tidak akan mencabut gugatannya terhadap PT Bank Danamon Tbk (BDMN) selaku agen pemegang saham dan Bank of New York Mellon sebagai trustee obligasi Red Dragon senilai US$ 200 juta. Pemegang saham CPRO menuntut ganti rugi sebesar US$ 4 miliar kepada kedua bank tersebut.

Pemegang Saham ADRO Jual Saham
Pemegang saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO) telah menjual sebanyak 850 ribu saham seharga Rp1.300 per saham.

BNBR Bantah Kepemilikan Saham di BUMI Berkurang
Induk perusahaan Grup Bakrie, PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) membantah kepemilikan saham mereka di PT Bumi Resources Tbk (BUMI) berkurang.

Trada Menangi Tender FSO Rp 1,14 T
PT Trada Maritime Tbk (TRAM) memenangi tender penyediaan jasa fasilitas terapung penyimpanan migas (floating storage and offloading/FSO) senilai total US$ 114,8 juta atau sekitar Rp 1,14 triliun.

KUARTAL-IV, LATINUSA MASUK BURSA, Divestasi Berau Coal Lewat IPO
PT Armadian Tritunggal menyatakan bahwa pihaknya berencana menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham induk usaha PT Berau Coal pada akhir 2009. Pernyataan itu disampaikan untuk menghapus keraguan mengenai IPO, seiring kabar penjualan saham Berau kepada investor strategis.

Akhir 2009, Bayan Realisasikan Akuisisi Tambang Baru
PT Bayan Resources Tbk (BYAN) akan mengakuisisi satu kuasa pertambangan (KP) di Kalimantan akhir tahun ini. Nilai akuisisi tambang baru diperkirakan di bawah US$ 20 juta.

Morgan Stanley: Akhir Tahun, Rupiah Rp 11.000
Morgan Stanley percaya bahwa Rupiah telah melampaui nilainya dan momentum pembeliannya.

Bakrieland Incar Ruas Tol Rp 5,88 T
PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) berniat mengikuti tender jalan tol ruas Sukabumi-Bandung sekitar Rp 5,39-5,88 triliun tahun depan.

Kimia Farma dan Indofarma Batal Merger
Rencana penggabungan (merger) perusahaan farmasi BUMN antara PT Kimia Farma Tbk (KAEF) dan PT Indofarma Tbk (INAF) kemungkinan besar batal, karena rencana itu belum masuk ke Komite Privatisasi Kementerian Negara BUMN.

BTEL: Pendapatan 1H09 Diprediksi Lampaui 10%
BTEL mengindikasikan pendapatan 1H09 naik lebih dari 10% yoy vs 1H08 Rp938 miliar. Perseroan optimis kinerjanya terus membaik pada tahun ini dan di 2H09 akan tumbuh lebih tinggi lagi.

PGAS: September, Mulai Pasok Gas ke PTLGU Cilegon
Tertanggal September09, PGAS akan mulai memasok gas sebanyak 30 bbtud ke PLTGU Cilegon,Banten. Sebelumnya, PLN telah membeli gas dari PGAS seharga US$5,61 per mmbtu.

IPO: Armadian Tritunggal Berencana IPO Akhir 2009
PT Armadian Tritunggal, induk usaha Berau Coal menyatakan akan IPO pada akhir tahun ini guna menghimpun dana untuk ekspansi produksi batubara. Armadian telah menunjuk PT Bahan Securities sebagai underwriter. Disinyalir Armadian melepas 20% saham dengan target dana Rp2-3 triliun.

Bunga Valas Menurun, Dana Pindah ke Rupiah
Dana masyarakat dalam bentuk valuta asing di perbankan makin tipis. Menurut data SPI per Juni 2009 nilai nominal simpanan valas Rp 291,35 triilun.

Tren Kredit Seret Mulai Muncul
Para penerbit kartu kredit harus lebih waspada menjajakan produknya. Tren kenaikan kredit bermasalah atawa non-performing loan (NPL) kartu kredit muncul selama empat bulan terakhir.Mengutip Statistik Perbankan Indonesia, nilai NPL kartu kredit per akhir Juni 2009 mencapai Rp 2,73 triliun. Artinya, telah terjadi kenaikan sebesar 10,43% hanya dalam tiga bulan, mengingat nominal NPL per akhir Maret 2009 sebesar Rp 2,47 triliun.

Laba Indofarma Turun 19,38%
Perolehan laba bersih PT Indorama Synthetics Tbk (INDR) hingga semester I 2009 turun 19,38 persen menjadi 1,29 juta dolar AS dibandingkan periode yang sama sebelumnya mencapai 1,60 juta dolar.

Sumber: Inilah.com, Kontan.co.id, Detik.com, Bloomberg, Reuters.
www.strategydesk.co.id
www.harumdanaberjangka.co.id

No comments:

Post a Comment

Kalender Ekonomi & Event


Live Economic Calendar Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal